alexametrics

Rapat Pleno KPU DKI Rampung, PDIP Raih Kursi Terbanyak DPRD

loading...
Rapat Pleno KPU DKI Rampung, PDIP Raih Kursi Terbanyak DPRD
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Ketua KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos memimpin rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta hasil pemilu 2019 yang dilaksanakan di Hotel Merlynn Park, Gambir, Jakarta Pusat.

Betty menjelaskan, bahwa PDI Perjuangan raih kursi terbanyak di DPRD DKI Jakarta, yakni 25 kursi disusul oleh partai Gerindra 19 kursi.

Selain dua partai teratas tersebut, PDI Perjuangan, Gerindra disusul oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan kursi 16 kursi, disusul Partai Demokrat 10 kursi.



Selanjutnya Partai Amanat Nasional (PAN) 9 kursi, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 8 kursi, Nasdem 7 kursi, Golongan Karya (Golkar) 6 kursi, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 5 kursi, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 1 kursi.

Sementara, partai politik yang tidak mendapat kursi di DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024 ada enam partai, yakni Partai Garuda, Partai Berkarya, Partai Perindo, Partai Hanura, PBB dan Partai PKPI.

Dalam rapat pleno terbuka ini sebagian besar perwakilan partai juga turut hadir dan menyaksikan langsung prosesnya.

Hadir juga Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi dan Ketua Bawaslu DKI Muhammad Jufri.

Selain menyampaikan perolehan kursi anggota legislatif Kebon Sirih, pihaknya juga menetapkan 106 anggota DPRD DKI Jakarta yang terpilih pada Pemilu 2019, KPU Provinsi DKI akan menunggu proses berikutnya yakni proses pelantikan.

Dirinya menjelaskan bila pelantikan anggota DPRD terpilih menunggu keputusan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sebelum ke Kemendagri, surat penetapan tersebut akan diserahkan terlebih dahulu kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lalu diteruskan ke Kemendagri.

"Pasca ini kami akan bersurat kepada Gubernur DKI untuk meneruskan kepada Kemendagri untuk melakukan pelantikan," kata Betty di Hotel Merlynn Park, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019).
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak