Ribuan Pengunjuk Rasa Minta Kantor Kedubes AS Diganti Jadi Kedutaan Besar Palestina

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 10:12 WIB
loading...
Ribuan Pengunjuk Rasa...
Ribuan massa melakukan unjuk rasa di depan Kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Foto/SINDOnews/danandaya aria putra
A A A
JAKARTA - Ribuan massa melakukan unjuk rasa di depan Kantor Kedutaan Besar ( Kedubes ) Amerika Serikat (AS) di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Dalam aksinya, pengunjuk rasa meminta Amerika Serikat hengkang dari Indonesia.

Mulanya dari atas panggung yang disediakan peserta aksi, orator meminta agar pemerintah Indonesia meniadakan kantor Kedubes Amerika Serikat. Sebab Amerika Serikat diduga membantu Isreal melakukan serangan terhadap Palestina. "Setuju tidak kalau kita usir saja orang orang Amerika Serikat ini," kata orator, disambut setuju ribuan peserta aksi.

Lantas orator menanyakan kepada peserta aksi, apakah mereka setuju jika kantor ini sebaiknya diganti jadi Kedubes Palestina. Teriakan setuju peserta aksi disambut yel-yel pengusiran Kedubes Amerika Serikat.



Sementara itu demi mengamankan aksi ini Polri mengerahkan sebanyak 1.309 personel gabungan. "Untuk pengamanan aksi dari Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina dan Komite Solidaritas Palestina dan Yaman (KOSPY), kami melibatkan 1.309 personel gabungan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di Jakarta.

Personel gabungan tersebut dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait, personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik sekitar Kedubes AS, Gambir, Jakarta Pusat.

Sedangkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Jl. Merdeka Selatan dan beberapa lokasi lain bersifat situasional, melihat jumlah massa di lapangan.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)