Polisi Kerahkan 1.309 Personel Gabungan Amankan Aksi Bela Palestina di Depan Kedubes AS

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 08:44 WIB
loading...
Polisi Kerahkan 1.309...
Kepolisian mengerahkan personel gabungan untuk mengawal Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina yang menggelar aksi solidaritas untuk Gaza di depan Kedubes AS Jakpus. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepolisian mengerahkan personel gabungan untuk mengawal Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina yang menggelar aksi solidaritas untuk Gaza di depan Kedubes Amerika Serikat (AS) Jakarta Pusat. Total sebanyak 1.309 personel gabungan yang dikerahkan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan 1.309 personel yang diterjunkan merupakan gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan instansi terkait lainnya.



"Pengamanan aksi dari Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina dan Komite Solidaritas Palestina dan Yaman (KOSPY), kami melibatkan 1.309 personel gabungan," ujar Susatyo kepada wartawan, Sabtu (3/8/2024).

Dia mengatakan pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional. Jika jumlah massa lebih banyak dari perkiraan dan lalu lintas tidak normal seperti biasa akan dilakukan penutupan.

"Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di sekitaran depan Kedubes AS itu massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lalu lintas yang akan mengarah ke Jalan Merdeka Selatan akan dialihkan," jelasya.

Susatyo mengimbau agar massa melakukan aksi dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis, dan tidak merusak fasilitas umum. Dia juga mengimbau anggotanya memberikan pelayanan ke massa Aksi Bela Palestina secara humanis.



"Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas di sekitar depan Kedubes AS dan beberapa lokasi lain," papar Susatyo.
(kri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)