Tata Kota Tua, Pemkot Jakbar Carikan Tempat untuk PKL

Selasa, 06 Agustus 2019 - 22:32 WIB
Tata Kota Tua, Pemkot Jakbar Carikan Tempat untuk PKL
Tata Kota Tua, Pemkot Jakbar Carikan Tempat untuk PKL
A A A
JAKARTA - Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Efendi mengaku tengah mencari tempat Pedagang Kaki Lima (PKL) Kota Tua. Dia mengakui kondisi saat ini sudah tak respentatif untuk berdagang.

"Sekarang kita masih cari, camat dan lurah masih berkomunikasi dengan pedagang mencari lokasi yang tepat," kata Rustam saat dihubungi, Selasa (6/8/2019).

Meskipun di kawasan kota saat ini sudah ada relokasi PKL di Jalan Cengkeh. Namun lanjutnya kondisi itu sudah tak lagi respentatif. Kondisinya yang jauh dari pusat keramaian membuat membuat PKL kesulitan mendapatkan untung. Alhasil cengkeh pun sepi senyap.

Pantauan di lokasi, kondisi Kota Tua saat ini cukup berantakan. Sejumlah ruas jalan mulai dikuasai PKL seperti di Jalan Kunir, Jalan Kemungkus, hingga Jalan Lada. Ketiga tempat itu terlihat cukup berantakan.

Khusus di Jalan Lada, setiap pekannya dua ruas jalan yang terpakai di kawasan itu untuk dijadikan lapak PKL. Mereka kemudian membuat arus lalu lintas tersendat, kemacetan mengular terjadi.

Meskipun setiap beberapa jam sering dilakukan penertiban. Namun hal itu tidak mengurangi okupansi PKL, mereka memenuhi kawasan itu dan membuat kesemerawutan.

Saat disinggung kondisi demikian, Rustam tak menampik hal itu terjadi. Karena itu, dirinya menekankan camat dan lurah berbenah menata kawasan Kota Tua.

"Prinsipnya mereka jangan sampai berantakan. Harus tertib, jangan di jalan, jangan di trotoar, apalagi menyebabkan kemacetan," ucapnya.

Dia pun berencana akan menertibkan kawasan Kota Tua dalam beberapa waktu ke depan. Penataan akan difokuskan untuk merelokasi PKL.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3764 seconds (0.1#10.140)