alexametrics

Warga Resah Banyak Kabel Menjulur ke Bahu Jalan di Tangsel

loading...
Warga Resah Banyak Kabel Menjulur ke Bahu Jalan di Tangsel
Kabel menjulur ke bawah jalan meresahkan warga Tangerang Selatan. Foto/Hambali/Okezone
A+ A-
TANGERANG SELATAN - Kabel-kabel menjulai ke bahu jalan banyak ditemui pada beberapa ruas jalan di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Warga sekitar pun resah, lantaran keberadaan kabel tersebut dianggap membahayakan pejalan kaki ataupun pengendara yang melintas.

Berdasarkan pantauan, Jumat 19 Juli 2019 sore, diketahui kabel-kabel yang menjulur ke bahu jalan itu paling banyak ditemui di Jalan Siliwangi Kecamatan Pamulang, lalu ada juga di dekat perempatan Muncul Kecamatan Setu.

Salah satu warga sekitar, Djuardi (42), menuturkan, keberadaan kabel-kabel itu meresahkan masyarakat. Lantaran, kebanyakan mereka memilih melalui sisi jalan yang lain karena khawatir kabel tersebut memiliki aliran listrik.



"Ini banyak juga yang nggak tahu, disangkanya kabel listrik, padahal ini kabel fiber optik. Tapi kan masyarakat takut juga mau lewat, kondisi begini sudah lama, kesannya dibiarin aja begini," katanya di lokasi.

Pengakuan warga lainnya, darmin (46), menyebutkan, kabel yang nyaris berserakan ke permukaan jalan itu tak jelas kepemilikannya. Bahkan hingga saat ini, belum terlihat upaya dari satu pihak pun yang coba merapihkan keberadaan kabel tersebut.

"Itu sudah dari kapan tahu kabel-kabel pada ngegantung. Dibiarin aja pada begitu, buat kumuh juga, buat khawatir juga takutnya ada setrum atau gimana gitu," ucap pria paruh baya yang bekerja sebagai tukang ojek pangkalan di sekitar bundaran Universitas Pamulang ini.

Sebenarnya, beberapa hari kemarin para aktivis dari Tangerang Tranparency Public Watch (TRUTH), sempat membuat aksi teatrikal dengan menjemur pakaian di atas kabel-kabel yang menjulai di sisi Bundaran Universitas Pamulang. Aksi itu lantas viral di media sosial, sebagian netizen pun berkomentar menyindir jajaran pemerintahan Wali Kota Airin Rachmi Diany.

Sementara itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangsel mengaku tak mengetahui keberadaan kabel-kabel yang viral itu. Disebutkan, pemasangan kabel fiber optik disertai tiang penyangganya belum dikomunikasikan ke Pemkot Tangsel.

"Pendirian tiang-tiang tersebut belum pernah dikomunikasikan ke Diskominfo. Kalau Peraturan Daerahnya (Perda) masih dalam proses, Perda terkait fiber optik masih dalam proses. Untuk perusahan pemilik kabel-kabel kita belum tahu, nanti kita coba tracking itu punya siapa," jelas Fuad, Plt Kadis Kominfo Tangsel kepada wartawan.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak