alexametrics

Empat RW di Palmerah Jadi Percontohan Lingkungan Bersih

loading...
Empat RW di Palmerah Jadi Percontohan Lingkungan Bersih
Empat RW di Palmerah, Jakarta Barat, menjadi lokasi percontohan lingkungan bersih.Foto/SINDOnews/Yan Yusuf
A+ A-
JAKARTA - Empat Rukun Warga (RW) di kawasan Kelurahan Palmerah, Palmerah, Jakarta Barat menjadi percontohan lingkungan bersih. Sejumlah RW ini nantinya akan mendapatkan kontrol maksimal demi menciptakan lingkungan yang nyaman bagi masyarakat.

“Semuanya kita monitor. Mulai dari kesehatan balita melalui posyandu, hingga pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga,” ungkap Lurah Palmerah, Mohammad Ilham ketika dikonfirmasi, Selasa (25/6/2019).

Ilham mengatakan, keempat RW itu yakni, RW 17 yang kemudian di perlombakan sebagai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan tiga RW lainnya, RW 03, RW 09, dan RW 011 yang dijadikan pendamping.“Jadi diharapkan ketiga RW itu mengikuti rekam jejak RW 17,” katanya.



Ilham melanjukan, pihaknya ingin secara menyeluruh membuat kawasan ini menjadi bersih dan harus sesuai dengan 10 kriteria PHBS, seperti membebaskan jentik nyamuk, tersedia air bersih, hingga kawasan bebas asap rokok.

Pantauan SINDOnews, di RW 17 lingkungan bersih terlihat di kawasan itu. Jalanan dipercantik dengan line yellow pembatas, saluran air cukup bersih dan nyaris tak ada sampah, aliran air begitu lancar, sehingga tak memungkin jentik nyamuk berkembang biak. Di kawasan itu pula berbagai tulisan bahaya merokok ditemukan, khususnya di dalam rumah. Beberapa pria dewasa yang merokok pun tak diperkenankan di rumah.

“Yah kalo merokok silakan ke luar rumah. Kasihan kan anak anak,” kata Tuti (38) salah satu warga. Tuti mengakui dalam beberapa bulan terakhir pihak kelurahan intens memberikan penyuluhan mulai dari larangan merokok, buang air besar sembarangan tidak diperkenankan.

Bahkan suami dan sejumlah pria dewasa di kawasan ini mulai membuat septictank di beberapa kawasan.“Supaya tidak langsung buang ke saluran Mas. Supaya enggak bau,” ujarnya. Tak hanya itu di kawasan ini pula mural mural cantik mulai terlihat. Peringatan dan ajakan untuk membuat kawasan bersih dan sehat mulai terlihat di pelosok kawasan ini.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak