alexametrics

Beroperasi Hanya 5,8 Km, LRT Akan Sulit Gaet Banyak Penumpang

loading...
Beroperasi Hanya 5,8 Km, LRT Akan Sulit Gaet Banyak Penumpang
Warga Jakarta mencoba kereta LRT Kelapa Gading-Velodrome yang diuji coba publik.Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Forum Warga Kota Jakarta (FAKTA) menilai operasional tunggal Light Rail Transit (LRT) Kelapa Gading-Velodrome akan sulit menggaet banyak penumpang. Pasalnya, operasional LRT hanya berjarak 5,8 km.

Pengamat transportasi dari FAKTA, Azas Tigor Nainggolan mengapersiasi uji publik LRT yang dioperasikan oleh PT LRT Jakarta sejak 11 Juni 2019 lalu.
Namun, Azas berharap LRT Jakarta bisa terintegrasi dengan moda transportasi lain.

"Prinsipnya LRT sebagai angkutan umum massal oke, asal sistem terintegrasi dengan angkutan umum lainnya. Sementara saya melihat LRT yang sekarang ini baru satu dan pendek 5-6 km saja," kata Tigor saat dihubungi SINDOnews, Selasa (18/6/2019).(Baca: Satu Pekan Uji Publik, PT LRT Belum Lakukan Evaluasi Khusus)



Tigor menambahkan, apabila beroperasi tunggal dengan jarak hanya 5,8 km sulit bagi LRT untuk menggaet banyak penumpang."Jadi sulit kalau diharapkan penggunanya banyak. Kalau mau LRT ini diintegrasikan dengan angkutan umum lainnya seperti Transjakarta agar banyak penggunanya," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, uji publik dimulai sejak pukul 05.30-23.00 WIB. Pengguna bisa menjajal kereta ringan tersebut mulai dari Stasiun Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome Rawamangun.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak