Arus Balik di Tol Japek, Malam Ini Pemudik Mulai Merayap Kembali ke Jakarta

Jum'at, 07 Juni 2019 - 19:28 WIB
Arus Balik di Tol Japek, Malam Ini Pemudik Mulai Merayap Kembali ke Jakarta
Arus Balik di Tol Japek, Malam Ini Pemudik Mulai Merayap Kembali ke Jakarta
A A A
JAKARTA - Arus balik Lebaran 2019 di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta malam ini terpantau mulai padat kendaraan. PT Jasa Marga Tbk melalui akun Twitternya menyebutkan, ruas Tol Japek malam ini mulai padat merayap. Kepadatan volume kendaraan terpantau di ruas Tol Cikarang Timur KM 36-KM 41 arah Cikampek.

"19.02 WIB #Tol_Japek Cikarang Timur KM 36 - KM 41 arah Cikampek PADAT, kepadatan volume lalin dan ada lajur Contraflow dari arah Karawang Timur di lajur kanan. GUNAKAN LAJUR KIRI," tulis @PTJASAMARGA, Jumat (7/6/2019) malam.

Kepadatan kendaraan pemudik yang hendak pulang ke Ibu Kota juga terpantau di Tol Japek Cikampek KM 70-Karawang Timur KM 53. Demikian juga di Karawang Barat KM 47-KM 46 arah Jakarta, terpantau padat.



Sementara itu, Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Irra Susiyanti, yang dikonfirmasi menyebutkan belum menerima laporan terkait pergerakan arus balik Lebaran 2019 dari ruas Tol Japek. "Belum mas," ujar Irra kepada SINDOnews. (Baca juga: Hari Ini Jasa Marga Prediksi 62 Ribu Pemudik Kembali ke Jakarta)

Jasa Marga sebelumnya memprediksi arus balik Lebaran 2019 dimulai pada hari ini dengan perkiraan total 62.379 kendaraan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama. Prediksi angka tersebut naik 278,1% dari Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) normal sebanyak 22.434 kendaraan.

Untuk mengurai kepadatan lalu lintas, Jasa Marga bersama pihak kepolisian dan Kementerian Perhubungan telah menyiapkan sistem satu arah (one way) dan contra flow guna mengurai kemacetan. (Baca juga: One Way Arus Balik Lebaran Diberlakukan Hari Ini Mulai Pukul 14.00 WIB)

"Rekayasa lalu lintas one way diberlakukan sesuai diskresi kepolisian di hari pertama arus balik Lebaran 2019 yang jatuh pada hari ini. Kemudian masih diberlakukan mulai dari GT Kalikangkung KM 414 hingga KM 70 GT Cikampek Utama dengan memperhatikan kondisi terkini di lapangan," kata Irra.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri sebelumnya mengimbau agar masyarakat mempersiapkan kendaraan dan bahan bakar cukup untuk melakukan perjalanan balik dan tidak berlama-lama di Rest Area.

"Kita sarankan masyarakat untuk mengecek kesiapan kendaraan dan semestinya bahan bakar sudah diisi penuh dari awal keberangkatan. Di samping itu disarankan agar masyarakat juga sudah makan terlebih dahulu karena rest area akan dilakukan buka tutup apabila terjadi kepenuhan," tandasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5026 seconds (0.1#10.140)