Hujan Es dan Angin Kencang Landa Depok, Begini Penjelasan BMKG

Kamis, 04 Juli 2024 - 06:42 WIB
loading...
Hujan Es dan Angin Kencang Landa Depok, Begini Penjelasan BMKG
Fenomena hujan es dan angin kencang melanda wilayah Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024) sore. FOTO/IST
A A A
DEPOK - Viral di media sosial fenomena hujan es dan angin kencang melanda wilayah Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024) sore. Lalu apa penyebab cuaca ekstrem tersebut?

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menjelaskan kronologis berawal hujan di wilayah Jabodetabek dimulai sekitar pukul 12.30 WIB di sebelah tenggara Bogor.

"Kemudian hujan mulai intens pada pukul 14.00 WIB dan bergerak dari selatan Bogor menuju ke arah barat laut-utara dari Jabodetabek. Pada pukul 16.00 WIB intensitas hujan memuncak di sepanjang bagian utara Bogor dan Depok, menghasilkan hujan lebat disertai angin kencang serta hujan es di daerah Bedahan," kata Guswanto saat dikonfirmasi Kamis (4/7/2024).



Ia menyebut dampak cuaca ekstrem tersebut belum diketahui ada tidaknya kerusakan. Ia mengatakan sampai saat ini tidak ada laporan korban jiwa akibat cuaca ekstrem yang melanda Depok.

"Pada kejadian cuaca ekstrem ini belum ada laporan kerusakan yang signifikan. Tidak terdapat korban jiwa," ucapnya.

Guswanto memberikan imbauan kepada segenap pihak untuk waspada cuaca ekstrem yang sewaktu-waktu bisa terjadi dengan sejumlah persiapan diantaranya;

1. Memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan.



2. Melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0774 seconds (0.1#10.140)
pixels