Sehari, Pengemis di Kota Tangerang Bisa Kantongi Rp150 Ribu

Kamis, 23 Mei 2019 - 19:36 WIB
Sehari, Pengemis di Kota Tangerang Bisa Kantongi Rp150 Ribu
Sehari, Pengemis di Kota Tangerang Bisa Kantongi Rp150 Ribu
A A A
TANGERANG - Momentum bulan suci Ramadhan banyak dimanfaatkan para pegemis untuk meraup uang di Kota Tangerang. Berharap iba dari warga, para pengemis ini bisa membawa pulang hingga Rp150 ribu per hari.

Kabid Trantib Satpol PP Kota Tangerang Ghufron Falfeli mengatakan, hampir setiap saat pihaknya melakukan razia terhadap para pengemis karena memang dilarang. Namun tingginya penghasilan dari meminta-minta ini membuat banyak pengemis baru datang ke Kota Tangerang untuk berburu rupiah.

"Sudah ada larangannya. Sesuai Perda Nomor 5/2012 tentang Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan dan Pengemis," ujar Ghufron, Kamis (23/5/2019).

Para pengemis yang dirazia selanjutnya didata lalu diserahkan ke pihak Dinas Sosial Kota Tangerang. Baru setelah itu dilimpahkan ke panti sosial di Pasar Rebo.

"Tetapi kadang yang membuat kita sedih itu, setelah mereka dikasih keterampilan, yang bersangkutan balik lagi ke jalan karena lebih menggiurkan. Kalau di jalanan, dia bisa dapat Rp100-150 ribu sehari," jelasnya.

Mengemis bagi mereka sudah menjadi sumber kehidupan dan pekerjaan tetap yang menggiurkan, karena bisa sesuka hati, dan tidak membutuhkan keterampilan khusus. Lantaran potensi ekonomi yang tinggi ini membuat makin banyak pengemis yang berdatangan ke Kota Tangerang. Mereka membagi waktu shift di dalam bekerja.

"Mereka munculnya dari siang sampai malam. Malah dibikin shift-shiftan. Pernah mereka bentrok antarmereka gara-gara shift itu anak punk. Tapi yang terakhir bentrok dengan anak punk malah kita," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3209 seconds (0.1#10.140)