Polda Metro Usut Keterkaitan 2 Kasus Penipuan Modus Like and Subscribe YouTube

Sabtu, 29 Juni 2024 - 17:15 WIB
loading...
Polda Metro Usut Keterkaitan 2 Kasus Penipuan Modus Like and Subscribe YouTube
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menyatakan akan mengusut keterkaitan kasus penipuan modus menawarkan pekerjaan like dan subscribe konten YouTube yang ditangani Polda Metro dan Bareskrim Polri. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya akan mendalami keterkaitan antara kasus penipuan modus menawarkan pekerjaan like dan subscribe konten YouTube yang diungkapnya dengan perkara serupa yang ditangani Bareskrim Polri. Penipuan yang dilakukan Warga Negara Asing (WNA) asal China itu telah memakan korban ratusan Warga Negara Indonesia (WNI).

"Nanti kita dalami keterkaitannya," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak, Sabtu (29/6/2024).

Sejauh ini, kedua kasus itu memiliki modus yang sama. Namun, ada beberapa perbedaan seperti untuk perkara yang ditangani Polda Metro Jaya dikendalikan oleh seseorang berinisial D dari Kamboja. Sementara untuk kasus yang ditangani Bareskrim Polri, penyidik menangkap SZ yang merupakan WNA China di Abu Dhabi. Namun, belum disampaikan jaringannya.



Wadir Siber Bareskrim Polri, Kombes Dani Kustoni sempat menyampaikan bila penangkapan terhadap SZ merupakan hasil pengembangan kasus scam online yang ditangani sebelumnya.

"Yang sebelumnya sudah kita lakukan penangkapan, jadi ini yang paling utamanya kita ambil (tangkap)," ucapnya.

Selain itu, dalam kasus penipuan modus like and subscribe yang ditangani Bareskrim Polri, tersangka SZ telah memperdaya ratusan warga Indonesia.

"Korban kurang lebih 800 orang, diiming-iming lowongan pekerjaan, hingga merugi ratusan miliar," kata Dani.

(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0598 seconds (0.1#10.140)
pixels