Raih Nilai UN Tertinggi se-Jabar, Siswi SMA Depok Ini Miliki 9 Kiat Belajar

Senin, 13 Mei 2019 - 22:15 WIB
Raih Nilai UN Tertinggi se-Jabar, Siswi SMA Depok Ini Miliki 9 Kiat Belajar
Raih Nilai UN Tertinggi se-Jabar, Siswi SMA Depok Ini Miliki 9 Kiat Belajar
A A A
DEPOK - Ninda Maghfira, siswi SMA Negeri 1 Depok memperoleh nilai tertinggi Ujian Nasional (UN) se-Provinsi Jawa Barat untuk penjurusan IPS. Gadis cantik ini meraih nilai 396 dari nilai maksimal 400.

Dilansir iNews.id dari empat mata pelajaran yang diujikan, Ninda meraih nilai 96 untuk Bahasa Indonesia. Sementara Matematika, Bahasa Inggris, dan mata pelajaran pilihan, Ekonomi, meraih nilai 100.

Ninda mampu meraih nilai nyaris sempurna. Lalu apakah Ninda terus-menerus belajar hampir sepanjang waktu? Ternyata tidak.

Seperti anak-anak SMA pada umumnya, Ninda pun tak melulu belajar. Ada banyak kegiatan lain yang dilakukannya menjelang UN.”Kuncinya membagi waktu, antara belajar, les bimbel (bimbingan belajar), main dan ikut les piano,” kata Ninda pada Senin (13/5/2019).

Ninda mengaku tidak mempunyai target nilai tertentu ketika belajar atau saat menjalani UN. Namun, ada beberapa kiat yang membuat Ninda sukses meraih nilai terbaik di antara 226.610 siswa tersebut. Kunci keberhasilan tersebut yakni:

1. Mempunyai tekad untuk disiplin, fokus dan tekun belajar, sejak awal masuk SMA.
2. Anggap semua pelajaran penting.
3. Jangan bosan mengerjakan semua soal.
4. Memahami materi pelajaran, bukan hanya membaca dan menghafal.
5. Selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat.
6. Disiplin menjaga kesehatan.
7. Refreshing atau melakukan kegiatan yang menyenangkan dan disukai, seperti jalan-jalan atau menonton.
8. Terus berdoa, termasuk bangun malam untuk salat tahajud an belajar.
9. Berserah diri kepada Allah SWT. Apapun hasil yang diperoleh itulah yang terbaik.

Dengan nilai UN tertinggi se-Jawa Barat untuk penjurusan IPS itu, Ninda sudah diterima di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) melalui jalur undangan SNMPTN.

Selain Ninda yang meraih nilai tertinggi di jurusan IPS, sesuai data Dinas Pendidikan Jawa Barat, Sabtu (11/5/2019), Dipasukha Edbert dari SMA Kristen Penabur Harapan Indah (Kota Bekasi) memperoleh nilai UN tertinggi untuk jurusan IPA dengan nilai 400.

Adapun untuk jurusan bahasa, peraih nilai UN tertinggi se-Jawa Barat diraih Antonetta Putri Cantika dari SMA Santa Angela (Kota Bandung) dengan nilai 385,5.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5721 seconds (0.1#10.140)