Banjir Rob di Muara Angke Pluit Pagi Ini Surut

Jum'at, 21 Juni 2024 - 07:57 WIB
loading...
Banjir Rob di Muara...
Banjir rob yang sempat melanda wilayah Jalan Muara Angke Empang, RW22, Kelurahan Pluit Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara berangsur-angsur surut. Foto/Ilustrasi/ANTARA
A A A
JAKARTA - Banjir rob yang sempat melanda wilayah Jalan Muara Angke Empang, RW22, Kelurahan Pluit Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada Kamis (20/6/2024) malam berangsur-angsur surut, pada Jumat (21/6/2024) pagi.

Petugas Pusdatin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Yohan menyebutkan dari tiga RT yang sempat terendam banjir rob pada Kamis malam kini pada Jumat pagi tinggal tersisa satu Rukun Tetangga.

"BPBD mencatat genangan saat ini mengalami penurunan dari sebelumnya 3 RT menjadi 1 RT atau 0.003 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," ujar Yohan, Jumat (21/6/2024).



Satu RT di kelurahan Pluit yang tadinya mengalami banjir hingga 60 cm pada Kamis malam sudah berangsur surut hingga tersisa 10 cm pada Jumat pagi

"Ketinggian banjir rob di satu RT kelurahan Pluit tersebut kini hanya 10 centimeter. Dan semakin siang akan semakin mengering," kata Yohan.

Selain dua RT di Kelurahan Pluit yang sudah surut, banjir rob yang sempat menggenang di Jalan RE Martadinata depan Jakarta International Stadium (JIS) juga sudah surut sepenuhnya.

"Jalan RE Martadinata (Depan JIS), Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara juga sudah surut dari banjir rob," pungkas Yohan.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, berdasarkan siaran pers BMKG, terdapat peringatan dini banjir pesisir (rob) pada tanggal 18 - 24 Juni 2024 akibat adanya fenomena pasang maksimum air laut bersamaan dengan fase Bulan Purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum berupa banjir pesisir (Rob) di wilayah pesisir utara Jakarta.

Wilayah pesisir utara DKI Jakarta seperti di Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Kamal, Marunda, Cilincing, Kalibaru dan Muara Angke diimbau agar dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut yang berpotensi terjadinya banjir pesisir (Rob).
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)