2 Wakapolda Metro Jaya di Era Pj Gubernur Heru Budi, Salah Satunya Jadi Irjen

Selasa, 11 Juni 2024 - 17:18 WIB
loading...
2 Wakapolda Metro Jaya di Era Pj Gubernur Heru Budi, Salah Satunya Jadi Irjen
Ada 2 Wakapolda Metro Jaya di era Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, salah satunya Brigjen Pol Suyudi Ario Seto, Wakapolda Metro Jaya yang aktif saat ini. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada 2 Wakapolda Metro Jaya di era Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Salah satunya yakni Hendro Pandowo saat ini sudah berpangkat Irjen Pol.

Selama dua tahun ini juga telah ada 2 Wakapolda Metro Jaya yang menjabat. Kedudukan Wakapolda Metro Jaya diemban oleh Perwira Tinggi (Pati) Polri bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi.



Sekadar diketahui, Heru Budi ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menduduki posisi Pj Gubernur DKI Jakarta pada 17 Oktober 2022. Penunjukan ini dilakukan untuk mengisi posisi Gubernur yang kosong setelah ditinggal Anies Baswedan yang habis masa jabatannya.

Sudah hampir 2 tahun Heru Budi menjabat Pj Gubernur, nantinya jabatan itu dilepas setelah ada Gubernur terpilih dalam Pilkada serentak 2024.

2 Wakapolda Metro Jaya di Era Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono

1. Brigjen Pol Suyudi Ario Seto

Suyudi lahir pada 14 Juli 1973 di Jakarta. Dia merupakan Wakapolda Metro Jaya yang aktif saat ini setelah terkena mutasi pada 27 Maret 2023 lalu.

Lulusan Akpol yang berpengalaman spesialis di bidang reserse ini telah cukup banyak menduduki posisi strategis di tubuh Polri. Misalnya Kapolresta Bogor Kota tahun 2016 dan Kapolres Metro Jakarta Pusat pada 2017.

Tidak hanya itu, Suyudi pernah menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri tahun 2017, Direskrimum Polda Metro Jaya tahun 2019, Wadirtipideksus Bareskrim Polri, dan Wadirtipidsiber Bareskrim Polri di 2020.

Sebelum ditunjuk menjadi Wakapolda Metro Jaya, dia sempat menduduki posisi Penyidik Tindak Pidana Utama Tingkat II Bareskrim Polri.

2. Irjen Pol Hendro Pandowo

Hendro merupakan mantan Wakapolda Metro Jaya yang kini menjabat Staf Ahli Sosial Budaya Kapolri. Jabatan baru ini didapatkan dari mutasi tanggal 16 April 2023 lalu.

Lulusan Akpol 1991 ini sempat menduduki jabatan Wakapolda Metro Jaya dari tahun 2020 hingga 2023. Ketika itu, dia masih menyandang pangkat Brigjen Polisi.

Dalam riwayat kariernya di kepolisian, pria kelahiran 12 Januari 1969 ini pernah menjabat Kapolres Metro Jakarta Pusat pada 2014, Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri, dan Kapolrestabes Bandung tahun 2016.

Sebelum menjadi Wakapolda Metro Jaya, pria asal Malang ini pernah menjabat Karoprovos Divpropam Polri sejak tahun 2018.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)
pixels