Pelaku Skimming Data Nasabah Sudah 50 Kali Beraksi

Senin, 18 Maret 2019 - 19:05 WIB
Pelaku Skimming Data Nasabah Sudah 50 Kali Beraksi
Pelaku Skimming Data Nasabah Sudah 50 Kali Beraksi
A A A
JAKARTA - Polisi menciduk RP terkait kasus dugaan pencurian atau skimming data nasabah milik salah satu bank swasta di kawasan Jakarta Selatan. Dari pemeriksaan, RP ternyata sudah beraksi puluhan kali.

"Setelah kita ungkap, pelaku ini sudah 50-an kali narik ATM (tindak pidana skimming). Lokasinya dimana saja masih didalami," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono pada wartawan, Senin (18/3/2019).

Menurutnya, itu diketahui usai polisi melakukan pemeriksaan terhadap RP. Pelaku diciduk di sebuah apartemen, bilangan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. Dalam aksinya, RP hanya beraksi sendiri.

Pelaku sendiri sudah ditahan atas perbuatannya itu di Polda Metro Jaya. Saat beraksi, pelaku menyamar sebagai perempuan untuk mengelabui aksinya dan agar identitasnya tak mudah tercium polisi.

Polisi pun menyita beberapa barang yang digunakan pelaku untuk menyamar jadi wanita. "Ada masker, ada juga dan ada juga kerudung seperti hijab. (Dia) menggunakannya saat mengambil ATM di bilangan di daerah Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan," tuturnya. (Baca Juga: Polda Metro Jaya Ciduk Pembobol ATM via Skimming)

Adapun aksinya itu, tambahnya, ada yang sempat terekam kamera CCTV. Dari foto yang didapat, penampakan pelaku memang sangat mirip sekali perempuan. Dia menutupi wajahnya dengan masker, kemudian juga memakai kerudung dikepalanya.

Jika dilihat sekilas, tidak tampak dia adalah lelaki. "Dia menggunakan itu berhijab, kemudian kayak perempuan sehingga kalau diliat dari CCTV seperti perempuan," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5514 seconds (0.1#10.140)