BPIP Apresiasi Semangat Gotong Royong Masyarakat Kepulauan Seribu

Minggu, 17 Maret 2019 - 17:57 WIB
BPIP Apresiasi Semangat Gotong Royong Masyarakat Kepulauan Seribu
BPIP Apresiasi Semangat Gotong Royong Masyarakat Kepulauan Seribu
A A A
JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono mengunjungi Pulau Kelapa Dua, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, untuk menggali nilai-nilai Pancasila di masyarakat.

"Ada pelajaran dari masyarakat di sini, ternyata menanam mangrove bisa berhasil setelah setelah dikumpulkan atau disatukan baru akan tumbuh. Sedangkan kalau ditanamnya sendiri-sendiri tidak bisa. Artinya, Roh pancasila adalah gotong royong, kalau sendiri-sendiri enggak berhasil. Kalau kita guyubn rukun, bersatu kita akan maju," ujarnya, Minggu (17/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Hariyono berkomitmen memajukan Pulau Kelapa Dua yang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Taman Nasional Kepulauan Seribu. Apalagi masyarakat di pulau ini sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, kepedulian terhadap ekologi dan menjaga lingkungan agar tetap bersih.

"Kalau bicara ideologi harus merawat ekologi. Ekologi itu tidak hanya dalam nilai-nilai tapi juga fisik dalam lingkungan ini. Jadi sekali lagi, ideologi harus concern dengan ekologi. Tanpa ekologi yang baik maka ideologi tidak akan bisa diterapkan dnegan baik," katanya.

Senada, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Rima Agristina, mengatakan, bersama Komunitas Olahraga Tradisional (KOTI) pihaknya ingin menggali nilai-nilai Pancasila yang ada di masyarakat Kepulauan Seribu.

"BPIP berkomitmen bersama-sama memajukan Kepulauan Seribu. Kami juga mengenalkan permainan tradisional tujuannya untuk menarik wistawan yang datang ke sini," katanya saat pengenalan olahraga tradisional di Pulau Kelapa Dua.

Rima juga mengapresiasi semangat gotong royong masyarakat Kepulauan Seribu dalam menjaga kelestarian lingkungan. Pengenalan Pulau Kelapa Dua dan umumnya Kepulauan Seribu ke dunia luar sudah dilakukan melalui pembuatan Film Impian Anak 1.000 Pulau.

"Film itu memiliki pesan revolusi mental, dimana generasi muda diharapkan mampu memiliki semangat yang tinggi dalam membangun Bangsa Indonesia dan mendukung pembangunan berkelanjutan secara nyata," ucapnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4574 seconds (0.1#10.140)