Stop BAB Sembarangan, Pemkab Kepulauan Seribu Bangun Toilet Gratis

Selasa, 01 Juni 2021 - 14:53 WIB
loading...
Stop BAB Sembarangan, Pemkab Kepulauan Seribu Bangun Toilet Gratis
Lurah Pulau Tidung Hafsah. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Untuk mengantisipasi sekaligus menerapkan program Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari Buang Air Besar sembarangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkba) Kepulauan Seribu membangun sejumlah toilet di permukiman warga.

Lurah Pulau Tidung, Hafsah mengatakan, saat ini di wilayahnya seluruh permukiman warga telah memiliki toilet dan dipastikan sudah tidak ada lagi warga yang tidak memiliki toilet.

"Ada 19 Kepala Keluarga (KK) yang sudah diberikan toilet gratis dan semua sudah terpasang oleh petuguas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu," Kata Hafsah saat dikonfirmasi, Selasa (1/6/2021).

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengatakan, pemasangan toilet di rumah warga yang belum memiliki toilet adalah untuk menjaga pola hidup sehat di lingkungan masyarakat.

“Pola hidup sehat dan bersih perlu diwujudkan, dan kali ini kami melakukan pemasangan toilet, sehingga mengedukasi warga agar tidak membuang air besar sembarangan," ujar Junaedi.

Sementara itu, salah satu warga Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Buang Soraya (50) mengatakan, berterimakasih sudah mendapat toilet gratis.

"Alhamdulillah rumah saya sudah terpasang toilet," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1232 seconds (0.1#10.140)