alexametrics

Pemkot, Polres dan Kejari Jakut Rencanakan Buka Layanan di Mal

loading...
Pemkot, Polres dan Kejari Jakut Rencanakan Buka Layanan di Mal
Salah satu aktivitas di mal pelayanan publik di Jakarta.Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Forum Pimpinan Kota (Forkomimpo) Jakarta Utara tengah merancang pelayanan terpadu di pusat perbelanjaan. Salah satu mal di Kelapa Gading akan menjadi pilot project pelayanan.

Kapolrestro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto mengatakan, pelayanan itu dilakukan untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat. Karenanya kawasan mal akan dipilih mengingat aktivitas masyarakat telah dilakukan di sana.

“Ini demi meningkatkan pelayanan. Jadi nantinya tidak hanya polisi, ada juga Pemda dan Kejaksaan,” kata Budhi ketika dikonfirmasi, Kamis, 21 Februari 2019 kemarin. Budhi melihat pelayanan ini akan membuka sinergitas antar-jajaran Forkomimpo Jakarta Utara. Karenanya koordinasi intens tengah dilakukan pihaknya bersama dengan Pemda dan sejumlah Kejaksaan.



Selama ini, lanjut Budhi, pelayanan di mal oleh polisi hanya sebatas pelayanan lantas, seperti pembayaran pajak kendaraan maupun perpanjangan SIM. Karenanya saat nantinya terbangun, pelayanan ini akan meliputi semua pelayanan, mulai dari SKCK, laporan kehilangan, hingga tilang.

“Mungkin peresmiannya akan dilakukan paling lambat akhir tahun ini. Kami masih menjajakkan diri dengan pihak mal,” ujarnya. Bila nantinya resmi berada, layanan one stop service ini akan menjadi layanan pertama di Indonesia. Sebab sejauh ini pelayanan baru sebatas lalu lintas.

Asisten Pemerintahan Pemkot Jakarta Utara, Abdul Khalit menambahkan, kolaborasi gerai pelayanan terpadu tengah dijajaki sejumlah pihak, Mall Artha Gading menjadi lokasi yang nantinya dipilih. "Kita masih terus berkordinasi dengan pengelola mal agar gerai pelayanan terpadu bisa segera beroperasi. Dari pihak mal sangat antusiasme untuk menyiapkan ruangan yang rencananya berada di lantai 3," kata Abdul.

Pemkot Jakarta Utara nantinya akan menyediakan segala macam perizinan, salah satunya PTSP. Selain PTSP, ada pula pelayanan dari Kantor Pertanahan dan imigrasi yang siaga melayani kebutuhan masyarakat. “Dengan begitu, pengunjung mal bisa mengurus keperluan sekaligus berekreasi," ungkapnya.

Termasuk soal dokumen kependudukan dan pembayaran retribusi pajak. Abdul mengakui pihaknya tengah merancang semua pelayanan itu. “Jadi bisa dibilang menjadi pelayanan one stop service,” ucapnya.
(whb)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak