Pengamat Nilai Pengendara Terobos Busway Akibat Pengawasan Lemah

Jum'at, 15 Februari 2019 - 22:02 WIB
Pengamat Nilai Pengendara Terobos Busway Akibat Pengawasan Lemah
Pengamat Nilai Pengendara Terobos Busway Akibat Pengawasan Lemah
A A A
JAKARTA - Menurunnya pengawasan terhadap jalur bus Transjakarta membuat sejumlah pengendara nekat menerobos busway . Perlu tindakan tegas dari petugas di lapangan agar pengendara kapok.

Pengamat Tata Kota Universitas Trisakti, Nirwono Joga mengatakan sterilisasi dari tahun ke tahun alami pengurangan. Hal itu mendorong banyak kendaraan pribadi masuk ke jalur Transjakarta. (Baca Juga: Bawa Ganja, Biker Nekat Terobos Busway dan Tabrak Polisi)

Mencapai itu Nirwono menyarankan perlu adanya tindakan. Mulai dari melakukan ketegasan terhadap petugas untuk membuka tutup portal di jalur Transjakarta.

“Selain itu, perlu adanya tindak tegas petugas. Atau perlu mempercepat memasukan e-tilang atau ETLE di jalur Transjakarta,” katanya.

Selain itu, agar lebih maksimal dalam meminimalisir pelanggar. Nirwono menyarankan pembangunan kembali pembatas yang jelas, seperti pagar dan MCB.

Hal ini agar membuat jalanan menjadi lebih steril lantaran banyak penggunaan marka jalan (hanya dicat warna jalur bustrans) berbagi dengan kendaraan lain. (Baca Juga: Kurang Steril, Jalur Transjakarta Rawan Kecelakaan)

“Ini menjadi tidak efektif laju bus Transjakarta dan sering terjebak macet,” ucapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4789 seconds (0.1#10.140)