alexametrics

Mengenal Lebih Dekat 3 Sosok Kandidat Wagub DKI Pendamping Anies

loading...
Mengenal Lebih Dekat 3 Sosok Kandidat Wagub DKI Pendamping Anies
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A+ A-
JAKARTA - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta telah menyodorkan tiga nama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI pengganti Sandiaga Uno. Ketiga kandidat dijadwalkan mengikuti fit and proper test yang digelar Partai Gerindra dan PKS pada bulan ini.

Ketua DPW PKS DKI Jakarta Sakir Purnomo, mengatakan, setelah fit and proper test, hanya dua nama yang dimajukan ke DPRD dari tiga tersebut.

Ketiga nama yang menjadi kandidat adalah mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris DPW PKS Agung Yulianto, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi. Berikut profil singkat ketiga cawagub tersebut:



1. Ahmad Syaikhu
Mengenal Lebih Dekat 3 Sosok Kandidat Wagub DKI Pendamping Anies


Ahmad Syaikhu mengawali kariernya sebagai Auditor Badan Pengawas Keuangan dan Keuangan (BPKP) perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Palembang dari tahun 1986 hingga 1989. Dia pindah ke BPKP Pusat pada Deputi Bidang Pengawasan Keuangan Daerah.

Pada 2004, Syaikhu dicalonkan oleh PKS sebagai anggota DPRD Bekasi dengan konsekuensi meninggalkan statusnya sebagai PNS. Karir politiknya pertama kali setelah menjabat anggota DPRD Bekasi periode 2004-2009.

Satu tahun sebelum berakhir masa tugasnya di DPRD, politikus kelahiran 23 Januari 1965 itu sempat mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bekasi tahun 2008, namun kalah oleh pasangan Mochtar Mohammad-Rahmad Effendi.
Selanjutnya, Syaikhu maju sebagai anggota DPRD Jawa Barat dan terpilih untuk periode 2009-2013.

Sukses di legislatif, Syaikhu mencoba peruntungan maju Pilkada Bekasi. Dia terpilih menjadi Wakil Wali Kota berpasangan dengan Rahmat Effendi periode 2013-2018.

Setelah selesai masa jabatannya, Syaikhu mencalonkan sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat berpasangan dengan Sudrajat, namun kalah dengan Ridwan Kamil.

2. Agung Yulianto
Mengenal Lebih Dekat 3 Sosok Kandidat Wagub DKI Pendamping Anies


Agung Yulianto saat ini menjabat Sekretaris Umum DPW PKS DKI Jakarta. Dia merupakan kader termuda di antara tiga calon yang diajukan PKS sebagai Wagub DKI. Agung juga memulai karier di BPKP.

Agung lebih banyak dikenal sebagai pengusaha sukses. Dia merupakan Direktur Utama PT Herba Penawar Alwahida Indonesia dan mendirikan Halal Network Indonesia (HNI) yang fokus pada produk-produk herbal.

3. Abdurrahman Suhaimi

Mengenal Lebih Dekat 3 Sosok Kandidat Wagub DKI Pendamping Anies


Abdurrahman Suhaimi tidak asing lagi di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pria kelahiran Blitar 7 November 1962 itu menjabat Ketua Fraksi PKS dan Ketua Komisi B Bidang Perekonomian DPRD DKI. Suhaimi dikenal loyal dengan PKS. Dia bergabung sejak 1999.

Karier politik Suhaimi lebih banyak dihabiskan di DPRD DKI. Sebelum menjabat sebagai anggota DPRD DKI periode 2014-2019, Suhaimi juga duduk di DPRD DKI periode 2004-2009.

Suhaimi mengaku pasrah atas pemilih dirinya menjadi kandidat Wagub DKI. Dia juga akan legowo jika nantinya tidak terpilih. “Bukan enggak mau terpilih, tapi kalau yang lain yang terpilih itu saya enggak keberatan,” kata Suhaimi di Jakarta, Kamis (3/1/2019).
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak