Memasuki Musim Hujan, SDA Jaksel Siapkan 51 Mesin Pompa

Jum'at, 21 September 2018 - 21:20 WIB
Memasuki Musim Hujan, SDA Jaksel Siapkan 51 Mesin Pompa
Memasuki Musim Hujan, SDA Jaksel Siapkan 51 Mesin Pompa
A A A
JAKARTA - Memasuki musim hujan, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan siagakan sebanyak 51 unit mesin pompa untuk menyedot genangan yang ada di wilayahnya.

Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Selatan Firmansyah mengatakan, ke-51 mesin pompa tersebut tersebar di 26 titik rumah pompa. Selain itu, pihaknya juga menyiagakan sebanyak 152 petugas tersebar di delapan kecamatan.

"Mesin pompa dan para petugas SDA ini kami siagakan untuk menyedot genangan pada musim penghujan," katanya di Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Dijelaskan Firmansyah, dari 26 titik rumah pompa itu, satu unit mesin pompa yang ada di Rumah Pompa Madrasah kondisinya saat ini masih dalam proses perbaikan dan diupayakan sebelum akhir tahun sudah selesai diperbaiki.

"Kita juga menyiagakan dua unit pompa mobile dan lima unit pompa trailer yang siap beroperasi," tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga mulai melakukan pengerukan Waduk Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) Poncol, Jalan Poncol, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Selatan, Holi Susanto mengatakan, pengerukan Waduk Poncol seluas 6.860 meter persegi tersebut akan berlangsung hingga tiga bulan ke depan. Dalam pengerukan tersebut pihaknya mengerahkan sebanyak tiga unit eskavator amphibi, satu unit eskavator long arm serta 17 unit truk pengangkut lumpur.

"Selain atas permintaan dari Sudin KPKP, pengerukan Waduk BPP Poncol ini sebagai upaya untuk mengurangi genangan di wilayah tersebut," ujarnya.

Dijelaskan Holi, waduk tersebut dikeruk sedalam dua hingga tiga meter selanjutnya lumpur-lumpurnya dibuang ke dumping siteSrengseng Sawah. Waduk yang memiliki dua pintu tempat air masuk dan satu pintu untuk air keluar itu mengarah langsung ke Saluran Penghubung Musyawarah.

"Warga yang berada di wilayah tersebut seperti RW 04 dan RW 05 Kelurahan Ragunan harus benar-benar menjaga lingkunganya," tukasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5855 seconds (0.1#10.140)