Antisipasi Imbas Lari Maraton, PT KAI Ubah Pola Operasi Sabtu-Minggu

Jum'at, 24 Agustus 2018 - 22:05 WIB
Antisipasi Imbas Lari Maraton, PT KAI Ubah Pola Operasi Sabtu-Minggu
Antisipasi Imbas Lari Maraton, PT KAI Ubah Pola Operasi Sabtu-Minggu
A A A
JAKARTA - Event Asian Games 2018 akan mempertandingkan cabang olahraga lari maraton pada Sabtu-Minggu besok. Ruas jalan mulai dari Bundaran Senayan hingga simpang Jalan Mangga Besar, akan digunakan sebagai rute lari maraton Asian Games tersebut.

Sehubungan dengan kegiatan lari maraton tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mempersiapkan antisipasi terhadap perjalanan kereta api. "Stasiun Gambir yang terletak di kawasan Jalan Merdeka Barat diprediksi akan terimbas kemacetan akibat pengalihan lalu lintas penyelenggaraan maraton Asian Games 2018 ini," ujar Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Edy Kuswoyo, kepada wartawan, Jumat (24/8/2018).

Untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi di sekitar Stasiun Gambir, dan kemungkinan terjadi hambatan pada perjalanan calon penumpang KA menuju Stasiun Gambir, PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan rekayasa pola operasi KA pada Sabtu dan Minggu (25-26 Agustus 2018).

Rekayasa pola operasi pemberangkatan KA ini akan diberlakukan pada 15 KA yang berangkat dari Stasiun Gambir pada hari Sabtu dan Minggu. Ke 15 KA itu akan berhentil luar biasa (BLB) atau berhenti untuk proses naik penumpang di Stasiun Jatinegara.

Operasi rekayasa lalu lintas KA ini berlaku mulai keberangkatan KA 11882 (Argo Parahyangan) yang jadwal berangkatnya pukul 04.20 sampai dengan KA 24 (Argo Parahyangan) keberangkatan pukul 10.30. (Baca juga: Ini Lokasi Pengalihan Arus Lalin Saat Maraton Asian Games Sabtu-Minggu)

“Biasanya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus hari Sabtu dan Minggu (25-26 Agustus) akan berhenti di Stasiun Jatinegara. Hal ini untuk memudahkan calon penumpang KA yang kesulitan menuju Stasiun Gambir. Mereka bisa mencari alternatif dengan naik dari Stasiun Jatinegara,” kata Edy.

Berikut daftar KA yang berangkat dari Stasiun Gambir dan juga akan berhenti di Stasiun Jatinegara selama pertandingan lari maraton Asian Games:

Antisipasi Imbas Lari Maraton, PT KAI Ubah Pola Operasi Sabtu-Minggu


“Ke 15 KA tersebut tetap akan berangkat dari Stasiun Gambir sesuai jadwal, namun ada penyesuaian pola operasi dimana di Stasiun Jatinegara akan berhenti guna menaikan penumpang. Dengan adanya rekayasa pola dengan BLB ini, PT KAI juga telah menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di sana,” ucap Edy.

Pihaknya meyakini rekayasa pola operasi ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa kerja sama calon penumpang. Maka itu PT KAI mengimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperhitungkan waktu keberangkatan, sehingga tidak ketinggalan kereta.

"Selain itu, diingatkan kembali agar calon penumpang memastikan membawa identitas dan tiket/boarding pass yang sesuai untuk memperlancar proses pengecekan di boarding gate stasiun, baik di Gambir ataupun Jatinegara," tuturnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6099 seconds (0.1#10.140)