Pemprov DKI Siapkan Halte Transjakarta Ramah Disabilitas

Rabu, 01 Agustus 2018 - 02:20 WIB
Pemprov DKI Siapkan Halte Transjakarta Ramah Disabilitas
Pemprov DKI Siapkan Halte Transjakarta Ramah Disabilitas
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal membangun Halte Bus Transjakarta yang ramah bagi penyandang disabilitas. Rencananya halte tersebut akan dibangun di depan Gedung Bank Indonesia (BI), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Ya kita punya desain baru yang sekarang kita lagi kebut di depan BI. Itu memuliakan pejalan kaki dan memberikan akses kesetaraan kepada para penyandang disabilitas. Jadi masuknya itu langsung dari tempat penyebrangan. Belok kiri atau belok kanan, langsung ada ramp-nya menuju Transjakarta," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa 31 Juli 2018.

Nantinya, kata Sandi, konsep Halte Transjakarta ramah disabilitas akan dibangun sepanjang Jalan MH Thamrin. Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) bakal ditiadakan.

"Kalau di Thamrin, semuanya akan seperti itu. Sehingga nanti di Jalan Thamrin, tidak diperlukan lagi akses dari JPO karena semuanya nanti akan tersambung langsung dari badan jalan. Zebra crossing yang berkonsep pelican crossing itu langsung tersambung dengan ramp-nya menuju Halte Transjakarta," terang Sandi.

Penghapusan JPO itu, lanjut Sandi, akan memudahkan para penyandang disabilitas dan lanjut usia (lansia). Pasalnya, untuk mencapai ke halte tersebut tidak perlu naik tangga JPO.

"Ini juga untuk memudahkan akses bagi pejalan kaki dan penyandang disabilitas," tutup Sandi. (Baca Juga: Jalan Bersama JBFT, Anies Akui Fasum DKI Belum Ramah Difabel(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4757 seconds (0.1#10.140)