Sidak, Disdagin Depok Temukan Harga Daging dan Telur di Atas HET

Kamis, 24 Mei 2018 - 17:01 WIB
Sidak, Disdagin Depok Temukan Harga Daging dan Telur di Atas HET
Sidak, Disdagin Depok Temukan Harga Daging dan Telur di Atas HET
A A A
DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar swalayan di wilayah hukumnya. Dari hasil sidak diketahui bahwa masih ada komoditi yang dijual di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

Di Hypermart Detos misalnya diketahui harga daging kerbau beku dijual Rp99.000. Padahal HET dari Kementerian Perdagangan adalah Rp80.000 per kilogram. Ditemukan juga harga telur Rp25.000. Padahal HET adalah Rp22.000. Sedangkan di Giant Margo city diketahui harga ayam Rp33.000 per kilo atau lebih mahal Rp1.000 dibandingkan HET.

Kepala Disdagin Kota Depok Kania Parwanti mengatakan, harusnya harga-harga komoditas pokok berdasarkan surat edaran Kementrian Perdagangan (Kemendag) harus sesuai dengan HET.

"Berdasarkan peratuan Kemendag yang baru tanggal 2 Mei No 58 tahun 2018 dan diedarkan tanggal 15 Mei 2018 yang mengatur harga eceran terbaru diatur tentang adanya harga telur, ikan. Untuk itu kami lakukan pengecekan di lapangan apakah harga itu sudah sesuai atau belum," katanya di Depok, Rabu (24/5/2018).

Sidak yang dilakukan pihaknya untuk mengendalikan harga. Diakui Kania, sudah ada beberapa komoditas pokok yang harganya sesuai dengan HET.

"Di Giant harga telur Rp22.000 sekilo sama dengan HET. Kalau di tempat sebelumnya harga telur Rp25.000 harusnya kan Rp22.000," ungkapnya.

Pihaknya mengimbau kepada ritel swalayan agar menyesuaikan harga komoditas pokok sesuai dengan HET yang dikeluarkan Kemendag.

"Kami akan cek lagi besok, paling lambat hari Senin depan. Kalau misalnya masih ada yang tidak sesuai maka kami akan kirim surat teguran yang ditembuskan ke provinsi dan Kemendag," paparnya.

Dalam sidak tersebut pihaknya tidak menemukan makanan kadaluarsa. Ia menambahkan parsel yang dijual juga dalam kondisi aman. (Baca Juga: Marak Peredaran Daging Oplosan, Pemkab Bogor Keluarkan Surat Edaran
"Yang kita cek hari ini harga daging ayam, telur, daging, beras, gula, minyak dan sampling expired date. Tidak ada temuan makanan kadaluarsa, parsel juga ga ada temuan, masih memenuhi dua bulan tiga bulan ke depan," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4935 seconds (0.1#10.140)