3 Jam Operasi, Belasan Kendaraan Terciduk Langgar Ganjil Genap

loading...
3 Jam Operasi, Belasan Kendaraan Terciduk Langgar Ganjil Genap
Polantas melakukan penindakan tilang kepada pengendara mobil yang melanggar aturan ganjil genap di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (10/8/2020). Foto: IsraTriansyah/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Hari pertama penindakan ganjil genap, 18 kendaraan ditilang di Jalan Letjen S Parman, Jakarta Barat, Senin, (10/8/2020) pagi ini. Mereka kemudian dikenakan sanksi tilang secara konvensional dan elektronik.

“Dari jam 6-9 pagi tadi ada 18 kendaraan yang ditilang,” ucap Kasatlantas Polres Jakarta Barat, Kompol Purwanta di lokasi Ganjil Genap, Jalan S Parman, Palmerah, Jakarta Barat. (Baca juga: Mulai Hari Ini, Pelanggar Ganjil-Genap Didenda Maksimal Rp500.000)

Pantauan di lokasi, tak hanya kendaraan bernomor polisi Jakarta yang melanggar kebijakan ganjil genap. Beberapa kendaraan berpelat nomor luar Jakarta seperti dari Serang, Banten dan Bandung, Jawa Barat juga terciduk melanggar kebijakan ini.



Mayoritas dari kendaraan yang melanggar adalah yang keluar dari arah Tol Tangerang-Jakarta untuk berbelok ke Jalan Letjen S. Parman arah Slipi. Mereka berdalih tidak tahu bahwa kebijakan ganjil genap sudah diberlakukan kembali di Jalan Letjen S Parman per hari ini.

"Saya enggak tahu pak, saya kira masih belum berlaku," ujar Zainal (34) pengendara minibus berpelat nomor ganjil saat diberhentikan polisi. (Baca juga: Senin 10 Agustus, Pelanggaran Sistem Ganjil Genap Kena Tilang)

Polisi sendiri, melalui Kanit Turjawali Satlantas Jakarta Barat, AKP Sudarmo mengatakan, telah mensosialisasikan sepekan kebijakan ini. Karena itu, pihaknya tanpa kompromi dalam menindak pelanggaran.



Sudarmo menuturkan memang cukup banyak kendaraan luar Jakarta yang terjaring melanggar ganjil genap. Mereka kerap kali beralasan tak mengetahui ada kebijakan ini. (Baca juga: Mulai 3 Agustus, Ganjil Genap di Jakarta Kembali Dilakukan)

Sudarmo menambahkan, kendati kendaraan berasal dari luar Jakarta, persidangan tilang tetap digelar di PN Jakarta Barat. Beberapa surat berjalan, seperti STNK dan SIM pelanggar disita.

Diketahui, Jalan S Parman menjadi satu dari 25 ruas jalan di Jakarta yang terkena kebijakan ganjil genap. Kebijakan ganjil genap bakal diterapkan setiap Senin-Jumat, mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB di pagi hari dan sore hari pada pukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB.
(mhd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top