alexametrics

100 Hari Kerja, Anies-Sandi Tunaikan Janji Kampanye

loading...
100 Hari Kerja, Anies-Sandi Tunaikan Janji Kampanye
Anies-Sandi usai dilantik sebagai Gubernur dan Wagub DKI periode 2017-2022, Senin (16/10/2017). Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Masa kerja Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Salahuddin Uno hari ini, Rabu (24/1/2017) genap 100 hari. Pasangan yang diusung oleh dua partai politik (parpol), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada Pemilihan Gubernur 2017 ini resmi dilantik pada Senin 16 Oktober tahun lalu.

Sejauh ini Anies-Sandi telah merealisasikan janji-janji saat kampanye pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2017 lalu. Janji kampanye yang mulai direalisasikan di antaranya adalah menata Kampung Aquarium, Tolak Reklamasi, menutup lokalisasi prostitusi di Hotel Alexis, menyediakan rumah Down Payment (DP) nol Rupiah, kemudian One Kecamatan, One Centre for Entrepreneurship (OK OCE), dan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Tanah Abang.

1. Penataan Kampung Aquarium

Anies-Sandi pernah berjanji akan menata kampung yang pernah digusur oleh pemerintahan sebelumnya. Penataan akan dilakukan dengan peremajaan (urban renewal). Kini, janji itu mulai direalisasikan. (Baca: Anies-Sandi Gagas Rumah Berlapis, Kampung Akuarium Jadi Percontohan)

Bahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membuat shelter yang diperuntukkan warga Aquarium, Penjaringan, Jakarta Utara yang terlantar setelah digusur oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Wakilnya, Djarot Saiful Hidayat. (Baca: Pembangunan Shelter di Kampung Akuarium Mendekati Rampung)

2. Tolak Reklamasi

Pasangan Anies-Sandi juga berjanji dalam kampanyenya bakal menolak reklamasi di teluk Jakarta. Hal itu juga mulai dibuktikan dengan melayangkan surat pembatalan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) di 3 pulau reklamasi, yakni pulau C, D, dan G. Surat tersebut bukti dari konsistensi kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang menolak reklamasi.

Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta Yayan Yuhanah mengatakan surat nomor 2373/-1.794.2 yang ditandatangani pada 29 Desember 2017 tersebut sudah dikirim ke Kepala BPN, Sofyan Djalil. "Kita sudah kirim ke BPN," kata Yayan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (8/1/2018). (Baca: Konsisten Tolak Reklamasi, Anies Batalkan Sertifikat HGB di 3 Pulau)

Bahkan untuk membuktikan janjinya itu, Anies telah mencabut dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Dua Raperda yang dicabut itu adalah Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta dan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K). (Baca: Cabut 2 Raperda, Anies Hentikan Proyek Reklamasi Teluk Jakarta)

3. Menutup Surga Dunia Alexis

Tak hanya menolak Reklamasi dan penataan kampung Aquarium, Anies-Sandi juga mulai menepati janji kampanyenya , yakni menutup surga dunia di Hotel Alexis. Anies resmi menutup surga dunia Alexis yang berada di Pademangan, Jakarta Utara pada bulan Oktober 2017 tak lama dirinya resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. (Baca: Resmi, Pemprov DKI Tutup 'Surga Dunia' Alexis)

4. Rumah DP Nol Rupiah

Janji ini diperuntukkan bagi warga yang berpenghasilan rendah ini sekaligus untuk meningkatkan kualitas hidup warga Jakarta, terutama mereka yang belum punya tempat tinggal. Anies juga terus berupaya memenuhi janjinya saat kampanye pilkada lalu.

Kini, Anies sudah menentukan lokasi untuk membuktikan janji tersebut. Rumah DP nol Rupiah itu dibangun secara vertikal di Kelapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Sebanyak 703 unit dihadirkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang menjadi sasaran program DP 0 Rupiah. (Baca: Mulai Bangun Rumah DP Nol Rupiah, Anies: Janji Harus Dilunasi)

5. One Centre for Entrepreneurship (OK OCE)
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak