Anies Izinkan Becak Beroperasi, Ini Tanggapan Polisi

Sabtu, 20 Januari 2018 - 11:17 WIB
Anies Izinkan Becak Beroperasi, Ini Tanggapan Polisi
Anies Izinkan Becak Beroperasi, Ini Tanggapan Polisi
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal membolehkan becak beroperasi di Jakarta, khususnya di lokasi yang ditentukan. Polisi pun setuju becak beroperasi hanya di tempat wisata atau permukiman penduduk yang belum terjangkau transportasi.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengatakan, pengaktifan becak di Ibu Kota itu perlu ada kajian lebih lanjut, khususnya saat masuk ke kawasan kotanya. Sebab, semua transportasi massal di kota Jakarta ini sudah ada.

"Mungkin bisa di permukiman yang belum terjangkau transportasi umum. Kedua, bisa juga di lingkungan tempat wisata, seperti Taman Mini Indonesia Indah," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (20/1/2018).

Menurutnya, bila becak masuk ke jalanan di Ibu Kota sebagaimana transportasi massal pada umumnya, dikhawatirkan bakal membuat angka kecelakaan semakin tinggi. Sebab, sepeda motor saja banyak memakan korban akibat kerapnya terjadi kecelakaan.

"Kecelakaan dan pelanggaran sepeda motor itu paling banyak. Nah, kalau becak (di jalan raya), itu rentan terjadi kecelakaan, apalagi kemungkinan lawan arus bisa timbulkan kecelakaan. Mereka juga ngetem di satu tikungan, bisa timbulkan kemacetan," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5375 seconds (0.1#10.140)