Musim Hujan, BNPB Ingatkan Potensi Banjir Besar di Jakarta

Selasa, 05 Desember 2017 - 22:14 WIB
Musim Hujan, BNPB Ingatkan Potensi Banjir Besar di Jakarta
Musim Hujan, BNPB Ingatkan Potensi Banjir Besar di Jakarta
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan potensi terjadinya banjir besar di Jakarta saat puncak musim hujan yang akan berlangsung pada Desember 2017-Februari 2018. Empat kali yang ada di Jakarta, Ciliwung, Krukut, Pesanggrahan dan Angke perlu mendapat perhatian bersama agar mampu menampung debit air dalam jumlah besar.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, meski hingga saat ini Jakarta dapat dikatakan aman dari banjir namun bukan berarti tidak ada kemungkinan untuk terjadinya hal tersebut. Selama ini banjir tidak datang karena curah hujan yang turun di Jakarta relatif rendah atau belum mencapai puncaknya.

"Mengapa sampai sekarang belum terjadi banjir besar, karena curah hujannya belum mencapai puncak. Dan biasanya banjir besar Jakarta itu terjadi pada akhir Januari dan awal Februari," ujar Sutopo dikantornya, Selasa (5/12/2017).

Sutopo melihat ada perpindahan sebaran banjir yang terjadi di Jakarta. Apabila dulu banjir terjadi disepanjang Kali Ciliwung maka dalam beberapa waktu terakhir justru banjir mudah ditemui di sepanjang Kali Krukut.

"Dahulu awalnya di Kampung Pulo sekitar Bukit Duri. Tapi sekarang (banjir) berada di sekitar Kemang, karena sungai (Krukut) di Kemang sudah sangat sempit sehingga mudah sekali mengalami banjir," tambah Sutopo.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5526 seconds (0.1#10.140)