BPBD: Hujan Lebat Berpotensi Landa Jakarta Sabtu-Minggu, Waspadai Banjir

Jum'at, 03 Desember 2021 - 23:34 WIB
loading...
BPBD: Hujan Lebat Berpotensi Landa Jakarta Sabtu-Minggu, Waspadai Banjir
Cuaca ekstrem berupa potensi hujan lebat yang menimbulkan banjir diperkirakan melanda Jakarta pada 4-5 Desember 2021. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Cuaca ekstrem berupa potensi hujan lebat yang menimbulkan banjir diperkirakan melanda Jakarta pada 4-5 Desember 2021. Peringatan dini cuaca ekstrem ini disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya.

Cuaca ekstrem itu berpeluang terjadi pada Sabtu mulai pukul 07.00 WIB hingga Minggu pukul 07.00 WIB.

BPBD DKI Jakarta meminta warga untuk waspada dan berhati-hati menghadapi potensi cuaca ekstrem yang menimbulkan banjir tersebut.

Baca juga: BNPB Laporkan 424 Bencana Terjadi Selama November, Didominasi Banjir

"Potensi dampak hujan lebat dengan dampak banjir/bandang di wilayah DKI Jakarta (waspada)," tulis peringatan dini BPBD dikutip dari akun Twitternya, Jumat (3/12/2021).





Untuk mengantisipasi sedini mungkin timbulnya banjir akibat cuaca ektrem tersebut, BPBD DKI Jakarta untuk memantau tinggi muka air melalui bpbd.jakarta.go.id/waterlevel.

Selanjutnya, warga diminta membaca buku saku tentang Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir di http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir, kemudian dapat melaporkan apabila melihat potensi genangan atau banjir di wilayahnya lewat aplikasi JAKI.

Baca juga: Waspada, Cuaca Ekstrem Diprediksi Hantam Indonesia hingga 9 Desember

Selain memperingatkan potensi cuaca ekstrem di Jabodetabek, BPKD DKI meminta warga segera lapor bila menemukan keadaan darurat dengan menghubungi Call Center Jakarta Siaga 112. "Atau tombol darurat aplikasi Jakarta Aman," tulisnya.
(thm)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2307 seconds (11.252#12.26)