Corona Akibatkan Proyek MRT Bundaran HI-Ancol Barat Molor

Kamis, 30 April 2020 - 13:22 WIB
loading...
Corona Akibatkan Proyek MRT Bundaran HI-Ancol Barat Molor
Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) fase II Bundaran HI-Ancol Barat mundur dari jadwal akibat mewabahnya virus Corona (Covid-19). Proyek yang ditargetkan selesai pada 2025 diprediksi rampung pada 2026. Foto: Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) fase II Bundaran HI-Ancol Barat mundur dari jadwal akibat mewabahnya virus Corona (Covid-19). Pembangunan yang ditargetkan selesai pada 2025 itu diprediksi rampung pada 2026.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, pembangunan Fase II A (Bundaran HI-Kota) akan dimulai Juni dan selesai akhir 2025. Sementara, Fase II B (Kota-Ancol Barat) dimulai November dan rampung pada Maret 2026.

"Masing-masing titik mulai konstruksi II A dan II B mundur tiga bulan karena wabah," ujar William, Kamis (30/4/2020).

Pekerjaan konstruksi merupakan salah satu sektor yang masih bisa beroperasi selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, konstruksi MRT tetap tidak memungkinkan untuk dilanjutkan.

Sebab, sebagian expert berasal dari Jepang yang mana mereka juga sedang mengalami hal sama sehingga pihaknya bersepakat dengan kontraktor untuk menunda proyek MRT bersama-sama.

Penundaan juga dilakukan karena khawatir adanya pembengkakkan biaya konstruksi yang harus ditanggung. Terlebih saat ini nilai mata uang rupiah tengah mengalami depresiasi.

"Material kita dan pembiayaan lainnya menggunakan Yen. Saat ini nilainya sedang jatuh untuk rupiah. Ini salah satu strategi kita juga agar biaya yang dikeluarkan tetap sesuai dengan kerangka proposal," katanya.

MRT fase II dibagi menjadi dua tahap yaitu fase II A dari Bundaran HI - Kota dan fase II B Kota - Ancol Barat. Total panjang fase II (A dan B) 11,5 km terdiri dari 11 stasiun yaitu 7 stasiun bawah tanah (underground) di lokasi fase II A dan 4 stasiun underground dan layang (elevated) pada fase II B.

Semula pengerjaan konstruksi MRT Fase II A akan dimulai awal Maret 2020 dan ditargetkan selesai pada pertengahan 2024. Sementara, Fase II B ditargetkan mulai pada September 2020 dan selesai akhir 2025.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)