Pemprov DKI Bakal Realisaikan Konsep Kampung Susun di Bukit Duri

Sabtu, 28 Oktober 2017 - 05:30 WIB
Pemprov DKI Bakal Realisaikan Konsep Kampung Susun di Bukit Duri
Pemprov DKI Bakal Realisaikan Konsep Kampung Susun di Bukit Duri
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta memastikan tetap menata kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan, dengan konsep kampung susun. Konsep itu merupakan bukti komitmen Anies-Sandi saat melakukan kampanye beberapa waktu lalu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, bakal mengajak semua pihak, mulai dari instansi terkait, pecinta lingkungan, warga Bukit Diri untuk membicarakan konsep kampung susun. Obrolan tentang itu pun akan dirancang minggu depan.

"Jadi harapannya solusi yang sudah mereka siapkan juga nanti bisa sama dengan ketentuan-ketentuan yang ada. Sehingga mereka bisa mendapatkan tempat tinggal yang baik," tutur Anies di Balai Kota pada Jumat, 27 Oktober 2017 kemarin.

Mengenai penataan awal, Anies telah merencanakan bertemu dengan warga untuk membahas ini dan mengajak sejumlah pihak berunding untuk menyatukan visi serta aturan hukum. Anies memastikan, penataan akan dilakukan sebagai bentuk komitmen dan kewajiban pemerintah menata aturan, termasuk menentukan tempat yang akan dibangun dan membayar ganti rugi.

Rencananya untuk mempercepat konsep ini, Anies bakal bertemu dengan warga. Pemprov sendiri di akhir pekan ini tengah bersiap menyiapkan aturannya dan kerangka hukum. Sehingga nantinya untuk konsep akan diketahui mana yang bisa dilakukan dan tidak.

Sementara itu, kuasa hukum warga Bukit Duri Vera Wenny Soemarwi berterima kasih dengan rencana itu. Dia pun bersiap duduk bareng dan berembuk dengan Gubernur menentukan solusi ini.

"Selama ini kan proses partisipasi rembuk itu tidak dilakukan pemerintah yang lalu. Maka dari itu pemerintah yang sekarang mau memperbaiki tata kelola pemerintah. Sehingga saya akan bertanya lagi kepada masyarakat putusan itu dieksekusi seperti apa," tuturnya.

Vera menegaskan warga tidak terlalu menuntut tentang putusan pengadilan. Sebab melalui rembug nantinya akan terjadi solusi yang saling menguntungkan bagi kedua pihak. Karena itu dirinya menjanjikan minggu depan perencanaan akan dilakukan dan disesuaikan dengan jadwal Gubernur DKI.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1135 seconds (0.1#10.140)