Soal Pemeriksaan Firli Bahuri, Kapolda Metro: Kita Lihat Besok Datang atau Enggak

Senin, 13 November 2023 - 15:32 WIB
loading...
Soal Pemeriksaan Firli Bahuri, Kapolda Metro: Kita Lihat Besok Datang atau Enggak
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto belum bisa memastikan apakah Ketua KPK Firli Bahuri akan memenuhi panggilan pemeriksaan kasus dugaan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto belum bisa memastikan apakah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri akan datang atau tidak untuk diperiksa kasus dugaan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Rencananya, penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya akan memeriksa Firli pada Selasa (14/11/2023).

"Dasar panggilan kan besok, kita lihat saja besok datang atau enggak," ujar Karyoto di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/11/2023).



Karyoto menjelaskan pihaknya juga bakal segera melakukan gelar perkara untuk menentukan nasib Firli.

“Dari tim kami, ya mungkin segera (gelar perkara) aja,” kata Karyoto.

Diketahui, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya telah melayangkan surat panggilan kedua kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri pada Jumat 10 November 2023. Firli kembali dijadwalkan pemeriksaan pada Selasa (14/10/2023), setelah ia absen pada Selasa pekan lalu.

Namun demikian, ia belum menerima konfirmasi kehadiran Firli pada pemeriksaan besok. Sebab, Dewan Pengawas (Dewas) KPK juga menjadwalkan pemeriksaan Firli besok.

“Nanti saya tanya Dirkrimsus sudah berkoordinasi belum dengan Dewas,” ucapnya.

Diketahui, sejumlah saksi telah diperiksa dalam proses penyidikan itu ialah mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, Ajudan Ketua KPK Firli Bahuri, Kevin Egananta, Ketua KPK Firli Bahuri. Sejumlah pegawai KPK yang salah satunya adalah Direktur Pelayanan, Pelaporan, dan Pengaduan Masyarakat KPK, Tomi Murtomo.

Subdit Tindak Pidana Korupsi Ditreskrimsus Polda Metro Jaya resmi menaikkan status perkara dugaan pemerasaan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke tahap penyidikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)