Deretan Jenderal Polisi Bintang 3 dan 4 yang Pernah Menjabat Wakapolda Polda Jaya, 2 Masih Aktif

Senin, 13 November 2023 - 08:56 WIB
loading...
Deretan Jenderal Polisi Bintang 3 dan 4 yang Pernah Menjabat Wakapolda Polda Jaya, 2 Masih Aktif
Banyak mantan Wakapolda Metro Jaya berkarier mentereng. Bahkan terdapat sejumlah mantan Wakapolda Metro Jaya yang pecah Bintang 3 dan Jenderal Bintang 4. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Metro Jaya) dijabat perwira tinggi Polri berpangkat Brigadir Jenderal atau Bintang 1. Menjadi Wakapolda merupakan salah satu batu loncatan untuk meraih karier yang lebih cemerlang di institusi Polri.



Banyak mantan Wakapolda Metro Jaya berkarier mentereng di Polri hingga lembaga pemerintahan. Bahkan terdapat sejumlah mantan Wakapolda Metro Jaya yang pecah bintang hingga Komjen (Bintang 3) dan Jenderal (Bintang 4).



Polda Metro Jaya merupakan satu-satunya polda di Indonesia yang memiliki status A+ (A khusus), karena kedudukannya menjaga keamanan dan ketertiban Ibu Kota Negara DKI Jakarta. Tak salah jika petinggi Polda Metro Jaya memiliki karier yang lebih menjanjikan.

Berikut deretan Jenderal Polisi Bintang 3 dan 4 yang pernah menjabat Wakapolda Metro Jaya:

1. Komjen Pol Putut Eko Bayu Seno

Pria kelahiran 28 Mei 1961 ini merupakan purnawirawan perwira tinggi Polri yang terakhir menjabat sebagai Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri.

Lulusan Akpol 1984 ini berpengalaman dalam bidang lantas. Pangkat terakhir Putut EKo di Polri adalah Komisaris Jenderal (Komjen) Pol atau Jenderal Bintang 3.

Deretan Jenderal Polisi Bintang 3 dan 4 yang Pernah Menjabat Wakapolda Polda Jaya, 2 Masih Aktif


Ia menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya tahun 2009. Dua tahun kemudian ia diangkat menjadi Kapolda Banten tahun 2011. Tak lama Eko dimutasi menjadi Kapolda Jawa Barat. Pada tahun 2012, Eko dipercaya menjabat orang nomor satu di Polda Metro Jaya.

Setelah menjabat Kapolda Metro Jaya, Eko diangkat menjadi Kabaharkam Polri pada tahun 2014, dan Irwasum Polri tahun 2017.

2. Komjen Pol Suhardi Alius

Pria kelahiran 10 Mei 1962 ini adalah purnawirawan perwira tinggi Polri yang terakhir menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bareskrim Polri.

Lulusan Akpol 1985 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Pangkat terakhir Suhardi Alius adalah Komjen. Pria yang berdarah Minang menjabat Wakapolda Metro Jaya pada tahun 2011.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)