1.000 Lebih Pasien Tertolong, RSCM Apresiasi Donor Darah Ratusan Karyawan MNC Group

Rabu, 08 November 2023 - 16:07 WIB
loading...
1.000 Lebih Pasien Tertolong, RSCM Apresiasi Donor Darah Ratusan Karyawan MNC Group
RSCM mengapresiasi kepedulian sosial karyawan MNC Group dalam kegiatan donor darah bertajuk MNC Love Donation: Lets Share the Love with Your Blood. Foto: MPI/Carlos
A A A
JAKARTA - Rumah Sakit Cipto Mangunkusomo (RSCM) mengapresiasi kepedulian sosial karyawan MNC Group dalam kegiatan donor darah bertajuk MNC Love Donation: Lets Share the Love with Your Blood. Donor darah ini diikuti ratusan karyawan MNC Group yang berlangsung di Inews Tower Lantai 3, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (7/11/2023).

Ketua Unit Transfusi Darah RSCM, Dr Elida Marpaung (Magister Biomedik) menyebutkan apresiasinya atas kepedulian sosial karyawan MNC Group yang melakukan aksi donor darah sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

"Terima kasih untuk MNC yang sudah memberikan kesempatan bagi kami RSCM, melalui unit transfusi darah. Ini sudah kali kedua kami bekerja sama dengan MNC Peduli," ujar Elida Marpaung.

Ia mengaku sangat bersyukur ada perusahaan besar seperti MNC yang memiliki kepedulian sosial. Pasalnya sampai saat ini darah sebagai terapi untuk pasien belum dapat digantikan oleh apapun.

"Darah masih diperoleh dari donor yang kita lakukan saat ini. Ini kegiatan keempat yang kita lakukan bersama MNC di tempat ini. Kami lihat perolehan donor dan antusias pegawai di MNC ini sangat baik. Baru satu jam pelaksanaan kami sudah mendapatkan 90 kantong darah," lanjutnya.



Elida mengungkapkan, dalam satu kantong dari pendonor dapat diolah menjadi empat komponen, yaitu sel darah merah, trombosit, dan ffp. Sehingga apabila ada 90 kantong darah maka ada 270 pasien dapat tertolong dengan kegiatan donor darah.

"Sesuai apa yang disampaikan panitia dan apa yang kami persiapkan, kami berharap ada 400 pendonor darah yang kami peroleh hari ini, dan itu waktunya 3-4 jam. Artinya, ada lebih dari seribu pasien kami yang bisa tertolong oleh kegiatan donor darah yang dilakukan MNC Peduli hari ini," tuturnya.

Sebagai rumah sakit rujukan nasional, Elida mengungkapkan RSCM memiliki pasien dengan tingkat kesulitan cukup tinggi dari rumah sakit di sekitar Jakarta dan mungkin dari berbagai daerah.

"Kebutuhan di rumah sakit kami satu bulan itu sekitar 6 ribu pendonor, jadi ada enam ribu dikali tiga bila diolah. Jadi kami berharap dengan adanya kegiatan-kegiatan donor darah seperti ini di luar rumah sakit sangat membantu pasien, keluarga, dan rumah sakit agar ketersediaan stok darah tetap ada," pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)