Pandawa Ganjar Gelar Pelatihan Jurnalistik bagi Milenial di Jaksel

Minggu, 05 November 2023 - 10:34 WIB
loading...
Pandawa Ganjar Gelar Pelatihan Jurnalistik bagi Milenial di Jaksel
Relawan Pandawa Ganjar menggelatr pelatihan jurnalistik di Rumah Merah Putih, Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Sabtu (4/11/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Relawan Pandawa Ganjar turut berpartisipasi dalam mengantisipasi beredarnya berita bohong (hoaks), apalagi menjelang Pemilu 2024. Salah satunya loyalis Ganjar Pranowo tersebut memberikan pelatihan sekaligus mengedukasi sejumlah pemuda-pemudi tentang prinsip dan dasar-dasar jurnalistik.

Para peserta merupakan para pemuda milenial Kalimantan yang kuliah di Jakarta. Mereka diajari prinsip-prinsip dasar jurnalistik, cara menangkal hoaks, hingga praktik memproduksi naskah berita.

Korwil Pandawa Ganjar Kalimantan Nur Ghina Muslimah mengatakan, berita bohong memang bertebaran di media sosial. Salah satu tujuan digelarnya pelatihan ini adalah menangkal hoaks sekaligus memberikan pemahaman tentang dunia jurnalistik.

"Tujuannya untuk melawan dan mencegah berita hoaks. Jadi, kami memberikan edukasi dan pemahaman cara kita menganalisis suatu berita, baik media cetak maupun online," katanya di Rumah Merah Putih, Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Ghina mengatakan para peserta juga diberi materi agar menjadi seorang jurnalis yang kritis dan kreatif. "Jadi, kritis dalam hal mencari berita yang benar. Karena opini di luar sana belum tentu benar. Kemudian ada isu menjelang Pemilu 2024," ucapnya.

Dia berharap para milenial mampu menangkal berita bohong menjelang Pemilu 2024. "Karena peran kita sebagai anak muda Kalimantan sangat berperan penting dalam pemilu nanti," ucapnya.

Ghina menuturkan pihaknya terinspirasi oleh sosok capres Ganjar Pranowo dalam menggelar pelatihan ini. Dengan adanya kegiatan ini, Pandawa Ganjar turut meningkatkan kecintaan anak-anak muda pada dunia jurnalistik.

"Pak Ganjar pernah mengatakan anak muda milenial harus berpikir kreatif dan kritis. Kami selalu mencoba hal-hal baru. Dalam hal ini, jurnalistik adalah hal baru bagi mereka," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)