Penemuan Kerangka Manusia di Gorong-gorong, RS Polri: Tengkorak Pria Usia 44-65 Tahun

Kamis, 26 Oktober 2023 - 07:03 WIB
loading...
Penemuan Kerangka Manusia di Gorong-gorong, RS Polri: Tengkorak Pria Usia 44-65 Tahun
Kepala Rumah Sakit Polri Brigjen Pol Hariyanto mengatakan, penemuan kerangka manusia di gorong-gorong merupakan pria berusia sekitar 44-46 tahun. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Rumah Sakit Polri Kramat Jati telah merampungkan proses visum tengkorak kepala manusia yang ditemukan di gorong-gorong Duren Sawit, Jakarta Timur. RS Polri mengonfirmasi bahwa temuan tengkorak tersebut memang merupakan bagian dari kerangka manusia.

Demikian disampaikan Kepala Rumah Sakit Polri Brigjen Pol Hariyanto, perihal tengkorak kepala manusia dan tiga tulang belulang yang ditemukan di gorong-gorong Jalan Raden Inten II RT 1 RW 5, kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Senin 23 Oktober 2023. "Benar, tengkorak itu bagian dari kerangka manusia," ujar Hariyanto, Kamis (26/10/2023).

Hariyanto menuturkan, berdasarkan tahapan visum awal, teridentifikasi tengkorak kepala manusia tersebut merupakan seorang pria dengan usia sekira antara 44-65 tahun. "Jenis kelaminnya laki-laki. Dari garis kepala (sutura), umurnya antara 44-65 tahun," jelas Hariyanto.



Kendati demikian lantaran masih proses visum perdana, Hariyanto mengatakan pihaknya masih membutuhkan tambahan informasi dan data pembanding guna memastikan identitas secara mendetail. Itu pun dilakukan demi mengetahui motif penyebab kematian yang tidak melulu dapat mudah diketahui melalui visum et repertum semata. "Masih proses identifikasi dan pemeriksaan menunggu data data tambahan untuk melengkapi," kata Hariyanto.

Sebelumnya, salah satu petugas SDA Sudin Jakarta Timur, Erwani (40) menyampaikan dirinya beserta rekan-rekannya tengah membersihkan saluran selokan tersebut. Saat menemukan bungkusan kain, salah seorang rekannya berteriak bahwa di dalamnya terdapat tengkorak manusia.

"Jadi saya awalnya itu sedang membersihkan got di sini, tiba-tiba teman saya bilang ada bungkusan kain di dalamnya ada tengkorak manusia. Saya penasaran, jadi saya buka. Ternyata benar di dalam bungkusan kain yang ternyata baju warna hitam itu ada tengkorak," ujar Erwani.

Erwani menyampaikan selain tengkorak kepala manusia, dirinya menemukan tulang belulang berjumlah dua bagian. Lantaran terkejut, dia beserta rekannya segera menghubungi petugas kepolisian untuk melaporkan penemuannya. "Selain tengkorak, ada juga tulang-tulang sepertinya bagian dari tangan. Tapi saya kurang paham, jadinya kita melapor ke kepolisian," jelas Erwani.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Duren Sawit AKP Indra Darmawan mengatakan selain tulang tengkorak manusia dan tiga tulang belulang, pihaknya juga mengamankan satu potong baju berbentuk kaus. Dia menuturkan baju tersebut diamankan karena ditemukan sebagai alat pembungkus rangkaian tulang belulang tersebut.

"Kita juga mengamankan satu baju tadi, karena dari pihak yang menemukan yaitu Petugas SDA (Sumber Daya Air), tulang tengkorak itu dibungkus baju tersebut," jelas Indra.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)