alexa snippet

Bertemu Sandi, Depok Bahas Banjir dan Rumah DP 0 Persen

Bertemu Sandi, Depok Bahas Banjir dan Rumah DP 0 Persen
Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Salahuddin Uno di kawasan Harjamukti, Depok. Foto/R Ratna Purnama/Koran SINDO
A+ A-
DEPOK - Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Salahuddin Uno di kawasan Harjamukti, Depok. Keduanya membicarakan banyak hal, mulai dari persoalan air hingga DP rumah nol persen.

Namun memang ada beberapa permasalahan kota yang dibahas guna mencari solusi. Sehingga nantinya bisa dilakukan langkah antisipatif.

"Silaturahmi biasa saja ini. Nanti barang kali ada beberapa hal peluang kerja sama yang bisa dilakukan antara DKI dan Depok," kata Idris di lokasi, Selasa (1/8/2017).

Dikatakan Idris, kerja sama yang diharapkan adalah penyelesaian persoalan daerah dan Ibu kota. Mulai dari banjir, macet, infrastruktur hingga ketersediaan permukiman yang layak.

"Sebanyak 60% warga Depok merupakan commuter, aktivitasnya di Jakarta. Kita juga harus bekerja sama bagaimana penyelesaian. Apalagi untuk pengembangan pembangunan, Presiden Jokowi menyatakan harus inovatif dan kreatif serta mengedepankan entrepreneurship. Sehingga daerah harus melakukan kerja sama," tuturnya.

Dia berharap, dengan pertemuan ini bisa terjalin komunikasi efektif dan implementatif agar tidak sekadar wacana. Menurutnya, Depok punya banyak aset yang bisa dikerjasamakan.

"Misalkan untuk mengurangi banjir Jakarta, kami punya banyak setu. Dulu waktu Pak Jokowi masih jadi Gubernur DKI, pernah ada wacana di Setu Pengarengan RRI akan dijadikan waduk untuk mengurangi buangan air dari hulu ke Jakarta," ucapnya.

Di tempat yang sama, Sandiaga menilai, metode merangkul wilayah-wilayah sekitar DKI Jakarta akan terus dilakukan sehingga bisa membantu pemecahan masalah Ibu Kota.

"Pertemuan ini merupakan metode ke depan, untuk bicara dengan sahabat tetangga. Sebaik-baiknya membabgun, ya harus melibatkan tetangga," katanya.

Soal kemungkinan kerja sama dengan Depok, pria yang biasa disapa Sandi mengaku akan menginventarisir hasil diskusi dengan orang nomor 1 di Depok itu.

"Belum ada yang diminta. Soalnya saya belum pakai ini (sambil menunjuk pangkat yang dipakai Idris). Intinya saya bisa menangkap apa yang pak wali sampaikan, salah satunya pembangunan yang berkesinambungan masalah pengelolaan banjir dan lain sebagainya," ucapnya.

Dalam pertemuan itu juga, Sandi menyatakan sempat membahas soal program DP rumah 0 persen yang kemungkinan bisa dikerjasamakan dengan Kota Depok soal ketersediaan lahan.

"Karena kota kita bertetangga, pasti solusi rumah DP 0 persen akan selaras dengan pertumbuham daerah di sekitar Jakarta. Kemarin juga ada beberapa pengusaha properti yang menyatakan siap meluncurkan produknya setelah Oktober. Mereka akan lauching program itu. Harganya Rp350-400 juta rumah dengan DP 0 persen," katanya.
(mhd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top