Suasana Monas Terkini Jelang Upacara HUT ke-78 TNI Pagi Ini

Kamis, 05 Oktober 2023 - 08:02 WIB
loading...
Suasana Monas Terkini Jelang Upacara HUT ke-78 TNI Pagi Ini
Upacara peringatan HUT ke-78 TNI segera digelar di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023) pagi. Suasana terkini di lokasi tampak sudah bersiap. Foto: MPI/Rifqi Herjoko
A A A
JAKARTA - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI segera digelar di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023) pagi. Suasana terkini di lokasi tampak sudah bersiap.

Pada pukul 07.30 suasana di Silang Monas tampak sudah ramai. Para hadirin telah berada di panggung dan siap menyaksikan jalannya acara.

Para perwira tinggi TNI dari tiga matra juga terpantau telah hadir di lokasi. Di sisi lain, sejumlah alutsista milik TNI juga telah disiapkan di pinggir lapangan.



Upacara HUT ke-78 TNI mengambil tema "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju". Upacara yang digelar di Silang Monas itu dapat disaksikan langsung oleh masyarakat.

Upacara HUT ke-78 TNI juga dapat disaksikan secara live melalui kanal Youtube Puspen TNI. Presiden Joko Widodo akan menjadi inspektur upacara HUT ke-78 TNI ini.

Saat ini ratusan alat utama sistem persenjataan (alutsista) juga sudah dipamerkan di kawasan Monas. Sederet alutista itu juga akan konvoi dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Alutsista-alutsista yang ditampilkan di antaranya kendaraan tempur, kendaraan taktis, mobil dan motor listrik, dan pesawat nirawak (drone).


Kemudian, sistem senjata, rudal-rudal, sistem peluncur rudal, tank amphibi Marinir, serta sea rider dari Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL juga akan ditampilkan.

Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsekal Muda (Marsda) TNI Arif Widianto mengatakan, setelah upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI, lebih dari 100 alutsista akan bergerak dari Monas sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI). Kemudian memutar kembali ke arah Monas.

Monas dipilih oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebagai lokasi peringatan HUT ke-78 TNI. Sebab Monas dianggap mampu menampung alusista milik TNI.

"Nanti kita selenggarakan secara serentak di seluruh wilayah nusantara tapi terpusat mungkin di Monas. Karena kalau di istana kelihatannya kurang cukup untuk menempatkan alusista," kata Yudo.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)