Pemkot Depok Pagi Ini Gelar Salat Istisqa Minta Turun Hujan

Rabu, 04 Oktober 2023 - 06:35 WIB
loading...
Pemkot Depok Pagi Ini Gelar Salat Istisqa Minta Turun Hujan
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menggelar salat Istisqa untuk meminta turun hujan pada Rabu (4/10/2023) pagi di halaman Balai Kota. Foto: SINDOnews
A A A
DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menggelar salat Istisqa untuk meminta turun hujan pada Rabu (4/10/2023) pagi di halaman Balai Kota. Fenomena El Nino membuat kemarau berkepanjangan hingga membuat masyarakat krisis air bersih.

Rencana menggelar salat Istisqa itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 005/576-Kesra yang ditekan langsung oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris.
Dalam SE itu disebutkan salat Istisqa berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai.

"Acara salat Istisqa tingkat Kota Depok. Khotib Mohammad Idris dan Imam Ustad H Idris Isma'il. Tempat lapangan Balai Kota Depok," tulis poin dalam SE yang diterima MNC Portal.



Diketahui, fenomena El Nino yang berimbas kemarau panjang hingga kekeringan di sejumlah wilayah Tanah Air, termasuk Kota Depok.

"Memperhatikan kemarau yang terjadi di wilayah Indonesia, khususnya di Kota Depok sehingga menyebabkan kekeringan dan masyarakat kesulitan air bersih serta menurunnya kualitas udara," tulis poin dalam SE.

Untuk itu, Pemerintah Kota Depok sebelumnya sudah mengimbau kepada para Camat, Lurah, dan Ketua Umum MUI Depok untuk melaksanakan salat Istisqa dalam waktu dekat dengan melibatkan partisipasi seluruh masyarakat.

Idris mengatakan pelaksanaan salat Istisqa dapat dilaksanakan di area terbuka dan diupayakan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kota Depok.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi fenomena El Nino atau kemarau panjang melanda wilayah Indonesia masih berlangsung hingga awal tahun 2024.

"Musim kemarau berhenti seiring dengan dimulainya musim hujan. Awal musim hujan 2023/2024 tidak bersamaan di seluruh Indonesia," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)