Ingin Liburan ke Monas, Santri Bojonegoro Telantar di Pulogadung

Minggu, 11 Juni 2017 - 18:01 WIB
Ingin Liburan ke Monas, Santri Bojonegoro Telantar di Pulogadung
Ingin Liburan ke Monas, Santri Bojonegoro Telantar di Pulogadung
A A A
JAKARTA - Tujuh orang santri terlantar diselamatkan Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial (Dinsos) Jakarta Timur telantar dibekas Terminal Pulogadung.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, Benny Martha menjelaskan, mulanya santri itu ingin jalan-jalan ke Monumen Nasional (Monas) dan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Namun karena tidak tahu jalan mereka malah tersesat dan telantar.

Para santri itu dilaporkan warga ke Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta. Kemudian mereka segera diselamatkan dan dipulangkan ke daerah asal mereka.

"Mereka mengaku dari Pondok Pesantren Al-Hadi yang berada di Desa Padangan, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur," tandas Benny di Jakarta, Minggu (11/6/2017).

Benny melanjutkan, santri itu nekat ingin jalan ke Monas dan Bundaran HI, namun masing-masing dari mereka hanya membawa uang Rp200.000 hingga Rp250.000. Sementara harga tiket bus yang mereka tumpangi dari Bojonegoro sudah menghabiskan uang mereka Rp200.000.

Diketahui para santri sudah tersesat di jalan selama dua hari. Mereka tidak punya kerabat di Jakarta dan tidak membawa telepon selular. Mereka pun kehabisan ongkos dan sempat meminta makanan kepada pedagang di bekas Terminal Pulogadung.

"Menurut pengakuan mereka, orang tua mereka atau pihak pondok pesantren tidak mengetahui keberadaan mereka di Jakarta," ujar Benny.

Ketujuh santri ini, kata Benny, nekat ke Jakarta karena ingin liburan usai mengikuti Ujian Nasional Madrasah Tsanawiyah. Sedangkan di pondok sendiri tidak ada kegiatan sama sekali. Akhirnya mereka bertujuh sepakat berlibur ke Jakarta.

"Sekarang sudah kami pulangkan ke daerah asalnya Bojonegoro. Kami memulangkan mereka dengan menggunakan bus hingga sampai di sana," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3284 seconds (0.1#10.140)