Kurangi Emisi Karbon, IPB Gunakan Transportasi Ramah Lingkungan

Senin, 18 September 2023 - 19:58 WIB
loading...
Kurangi Emisi Karbon, IPB Gunakan Transportasi Ramah Lingkungan
IPB University, Dramaga, Bogor menggunakan sepeda listrik untuk transportasi di lingkungan kampus. Foto/Istimewa
A A A
BOGOR - Institut Pertanian Bogor ( IPB University ), Dramaga, Bogor menggunakan sepeda listrik untuk transportasi di lingkungan kampus. Penggunaan sepeda listrik bagian dari inisiatif green campus untuk mengurangi emosi gas CO2.

IPB dalam hal ini bekerja sama dengan Beam Mobility, perusahaan yang menyediakan sarana transportasi sepeda listrik. Penggunaan sepeda listrik untuk perjalanan singkat di kampus IPB diluncurkan pada Minggu, 17 September 2023.

Rektor IPB, Arif Satria mengatakan, kerja sama tersebut merupakan upaya kolaboratif pihaknya bersama dengan Beam Mobility dalam hal pengadaan sepeda listrik.

Selain untuk meningkatkan mobilitas mahasiswa selama berada di lingkungan kampus, lanjut Arif, kerja sama juga bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja.

"Karena untuk ke depannya, fasilitas Beam di kampus akan dikelola lebih lanjut oleh mahasiswa yang berminat dan akan digaji oleh pihak IPB University, " kata Arif.

Dengan adanya fasilitas sepeda listrik Beam ini, diharapkan emisi karbon yang dihasilkan di wilayah kampus dapat berkurang.


"Penyediaan sepeda listrik yang ramah lingkungan merupakan salah satu bentuk semangat kita untuk menciptakan green campus,” ujarnya.

Beam menyediakan satu jenis armada yang dihadirkan di IPB University, yaitu Beam Rover. Terdapat lebih dari 200 unit armada Beam Rover pada peluncuran perdana layanan dengan sejumlah titik parkir yang tersebar di seluruh lingkungan kampus IPB University.

Ady Muzadi, Country Head PT Beam Mobility Indonesia menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan untuk beroperasi dan bermitra dengan IPB University yang merupakan salah satu kampus terbesar di Indonesia.

Tujuan utama Beam, menurut Ady Muzad, untuk mengurangi emisi karbon dan menjadi moda transportasi alternatif di berbagai negara dan kota.

"Kehadiran Beam di IPB University diharapkan dapat menurunkan emisi, menciptakan lapangan kerja baru dan tentunya dapat membantu meningkatkan peringkat green metric kampus IPB University,” tambah Ady.

“Saat ini Beam Mobility sudah beroperasi di delapan negara seperti Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Thailand, Turki dan Indonesia.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)