Hari Ozon Sedunia, Pelindo Tanam 2.500 Pohon di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok

Senin, 18 September 2023 - 13:38 WIB
loading...
Hari Ozon Sedunia, Pelindo Tanam 2.500 Pohon di Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melakukan penanaman pohon di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, belum lama ini. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Memperingati Hari Ozon Internasional sekaligus HUT Ke-2 Pelindo, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melakukan aksi penanaman pohon secara serentak di wilayah operasional kerjanya.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Arif Suhartono mengatakan, dari total 20.000 bibit yang ditanam serentak, 2.500 pohon di antaranya ditanam di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok , Jakarta Utara.

"Secara keseluruhan, terdapat 20.000 bibit pohon berbagai jenis yang ditanam. Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Ozon Internasional," ujar Arif, Senin (18/9/2023).

Kegiatan ini merupakan respons keresahan global atas fenomena penipisan lapisan ozon sekaligus dalam rangka mengatasi tantangan iklim yang terjadi dan melindungi kehidupan bumi untuk generasi mendatang.

"Pelindo konsisten melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dengan paradigma program yang mengacu pada tujuan pembangunan berkelanjutan. Setiap pelaksanaan program harus memberikan dampak positif," kata Arif.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Utara Wawan Budi Rohman mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan Pelindo dapat membantu upaya pengurangan polusi udara Jakarta.

“Pengurangan polusi udara menjadi tanggung jawab kita semua. Gerakan penanaman pohon seperti yang dilakukan Pelindo tentunya sangat membantu menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan hijau,” ungkapnya.

Pelindo menggandeng seluruh pemangku kepentingan di Pelabuhan Tanjung Priok untuk ikut menanam pohon. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Pemkot Jakarta Utara, Kolinlamil, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, serta perwakilan Kantor Syahbandar Utama.

Selain penanaman ribuan pohon, Pelindo juga merehabilitasi 222 hektare mangrove. Upaya ini sebagai langkah menjaga keanekaragaman hayati dan mengedukasi publik terkait pentingnya ekosistem pesisir bagi Indonesia dan bagian dari dukungan Program Rehabilitasi Mangrove Nasional.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)