Melihat Keseruan Kontes Anjing Perkin Jaya 2023 di JSI Resort Bogor

Minggu, 17 September 2023 - 19:05 WIB
loading...
Melihat Keseruan Kontes Anjing Perkin Jaya 2023 di JSI Resort Bogor
Perkumpulan Kinologi Indonesia (Perkin) Jaya kembali menggelar kontes anjing dalam tajuk Perkin Jaya All Breed Dog Show 2023. Acara ini berlangsung di JSI Resort, Bogor, 16-17 September 2023. Foto: Ist
A A A
BOGOR - Perkumpulan Kinologi Indonesia (Perkin) Jaya kembali menggelar kontes anjing dalam tajuk Perkin Jaya All Breed Dog Show 2023. Acara ini berlangsung di Jeep Station Indonesia (JSI) Resort, Bogor, 16-17 September 2023.

Anjing yang mengikuti kontes ini adalah dari berbagai trah anjing yang populer di Indonesia dan luar negeri. Ukurannya beragam mulai besar, sedang, hingga kecil.

Anjing-anjing itu milik peserta kompetisi yang datang dari dari berbagai kota seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan daerah lainnya.



"Acara ini rutin terselenggara setiap tahunnya. Pesertanya hanya trah-trah yang diakui FCI (Federasi Internasional Kinologi) melalui perwakilannya di Indonesia yaitu Perkin," kata Ketua Umum Perkin Jaya Danar Faisal Herlambang, Minggu (17/9/2023).

Salah satu kontes yang dipertandingkan adalah kecantikan. Bak kontes kecantikan pada manusia, juri juga melakukan penilaian meliputi attitude dan kepintaran anjing.

"Kontes untuk kecantikan, itu yang ikut ada anjing-anjing seperti Siberian Husky, Corgi, Border Collie, Bichon Frise, Jack-Russell Terrier, dan masih banyak lagi," ujar Danar atau akrab disapa Oboy.

“Potongan bulu anjing juga sangat penting selain membuat anjing menjadi lebih cantik dan juga dapat membuat bulu anjing lebih sehat dan kuat karena bulu- bulu matinya terangkat. Kita juga ada grooming competition dan penilaiannya itu seperti kerapihan, ketelitian, dan kreativitas," tambahnya.

Selain itu, ada penilaian misalnya anjing itu ketika masuk arena, apakah happy atau tidak. Ketika anjing dipegang juri, wajahnya happy atau tidak. “Kontes ini kan subjektivitas juga. Kalau misal dia bisa bikin juri happy lihat dia, bikin jatuh cinta, bisa menang juga," katanya.

Selain kecantikan juga ada kontes ketahanan dan ketangkasan fisik. Anjing-anjing yang mengikuti kategori ini adalah pekerja dengan trah-trah seperti Doberman, Rottweiler, Cane Corso, dan Boxer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)