alexa snippet

Pengamat: Kekalahan Ahok Dimulai dari Kasus Surat Al Maidah

Pengamat: Kekalahan Ahok Dimulai dari Kasus Surat Al Maidah
Pasangan Ahok-Djarot saat menyampaikan materi dalam debat kandidat Pilgub DKI Jakarta putaran kedua beberapa waktu lalu.Foto/Dok.SINDOphoto/Yorri Farli
A+ A-
JAKARTA - Kekalahan pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat disebabkan sejumlah faktor baik yang diciptakan Ahok maupun dari luar.

"Kekalahan itu dimulai pada saat terbukanya kotak pandora yang disebabkan oleh kasus penistaan Al Maidah 51 oleh Ahok. Tindakan penistaan agama yang dilakukan Ahok menyebabkan menguatnya sebuah identitas politik yaitu pemilih muslim. Pada saat yang sama pemilih menutup mata atas semua capaian, kinerja dan bukti Ahok membangun Jakarta," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago   saat dihubungi SINDOnews, Kamis (20/4/2017).

Pangi melanjutkan, sentimen negatif terhadap Ahok semakin buruk dengan video perkataan Ahok yang tersebar diberbagai media. WiFi yang menggunakan user Al Maidah 51 dengan password kafir.

"Kasus ini menyentuh langsung perasaan sebagian besar masyarakat muslim Jakarta dan memantik sentimental agama. Kasus-kasus Ahok ini bagi sebagian besar masyarakat muslim telah masuk ke ranah penistaan agama, di mana seharusnya Ahok tidak menyentuh ranah tersebut," jelasnya.

Mulai viralnya video perkataan Ahok ini lantas menimbulkan berbagai gelombang aksi penolakan untuk memilih Ahok."Adanya kasus tersebut juga membuat Ahok sulit untuk menangkap pemilih dari golongan masyarakat Islam yang mana merupakan basis massa seksi untuk melancarkan lajunya di kontestasi Pilgub DKI," ujarnya.



(whb)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top