Di Hadapan Menpora, Ridwan Kamil Beberkan Program Kepemudaan Jawa Barat

Rabu, 23 Agustus 2023 - 20:29 WIB
loading...
Di Hadapan Menpora, Ridwan Kamil Beberkan Program Kepemudaan Jawa Barat
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, pamer program kepemudaan daerahnya di depan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, Rabu (23/8/2023). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil , pamer program kepemudaan daerahnya di depan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo. Salah satunya adalah mengajak para pemuda dari seluruh daerah di Indonesia belajar kepemimpinan langsung darinya dengan menjadi ajudannya.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil saat menerima penghargaan dari Menpora di Kantor Kemenpora, Rabu (23/8/2023).

Tak sendirian, terdapat tujuh pemimpin daerah lainnya yang diganjar penghargaan yang sama yakni Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Gubernur Provinsi Sumatera Utara diwakilkan Kadispora Sumatera Utara Baharuddin Siagian, Bupati Bengkalis Kasmarni serta Wakil Bupati Kota Baru Andi Rudi Latif.

Delapan kepala daerah itu mendapat penghargaan karena mereka telah melaksanakan pelayanan kepemudaan sebelum adanya Surat Kemendagri Nomor 400.3.5/9106/Bangda tanggal 18 Agustus 2023. Surat itu meminta Gubernur dan Bupati/Walikota melaksanakan Perpres No. 86/2021 tentang DBON dan Perpres No. 43/2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Rencana Aksi Daerah (RAD) Pelayanan Kepemudaan.

Dalam sambutannya Ridwan Kamil mengungkapkan program-program kepemudaan yang telah diterapkannya di Jawa Barat. Mulai dari program yang berdampak untuk pembangunan ekonomi hingga menanamkan sikap kepemimpinan, semua telah dilakukannya.

"Dalam keseharian saya lima tahun terakhir, kami terus berinovasi, saya menghadirkan yang namanya patriot desa. Jadi kami mengundang lulusan universitas pemuda untuk tinggal di desa setahun membangun bisnis," kata Ridwan Kamil.

"Kita juga ada program Jabar Future Leader. Ajudan saya setiap minggu ganti-ganti dari seluruh Nusantara, jadi selama lima tahun dari Aceh sampai Papua sudah pernah jadi ajudan Gubernur Jawa Barat. Mereka jadi bisa belajar kepemimpinan langsung walaupun hanya seminggu," tambahnya.

"Kemudian kita ada Jabar Innovation Leadership, kami mengajak pemuda yang punya gagasan masuk ke dinas-dinas dan menterjemahkan gagasan-gagasannya. Dan masih banyak lagi program yang lainnya," tuturnya.

Ridwan Kamil pun menilai program-program tersebut dapat membuat para pemuda Indonesia siap untuk menatap tantangan yang menerjang ketika 100 tahun Indonesia Merdeka pada 2045 mendatang. Dia berharap para pemuda Tanah Air dapat menjadi pemuda yang berkualitas dan mampu bersaing di dunia internasional.

"Saya kira masa depan yang baik adalah ketika kita menyiapkan pemudanya dan kita berdoa 2045 saat demografi kita 70 persen pemuda, pemudanya itu yang kompetitif dan produktif, bukan sebaliknya. Maka RAD ini penting untuk 2045, stunting juga penting, kita lawan alhamdulillah jawa barat terbaik di Pulau Jawa untuk penanganan stunting, insyaallah kita tunggu 2045, negara adidaya, negara super power yang pemudanya berkelas dunia," pungkas gubernur berusia 51 tahun itu.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)