Emil Salim Institute Inisiasi Gerakan Tanam Pohon Mangrove di Pantura Jakarta

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 13:28 WIB
loading...
A A A
“Tersusunnya arahan perencanaan penataan ruang kawasan strategis pantura Jakarta yang lebih baik untuk mengintegrasikan kepentingan ekonomi, sosial dan lingkungan,” ucapnya.

Kawasan Pantai Utara Jakarta ditetapkan sebagai kawasan strategis Provinsi DKI Jakarta. Areal sepanjang pantai sekitar 32 km tersebut merupakan pintu gerbang dari arah laut dengan berbagai aktivitas masyarakat dan pembangunan yang sangat beragam, termasuk beberapa obyek vital di kawasan tersebut.

Pantai Utara Jakarta di bagian barat berbatasan dengan Pantai Utara Kabupaten Tangerang dan di bagian Timur berbatasan dengan Pantai Utara Kabupaten Bekasi. Kawasan pantai yang ada di bagian Utara Provinsi DKI Jakarta meliputi Kecamatan Penjaringan, Pademangan, Tanjung Priok, Koja, dan Cilincing.

Hutan mangrove Muara Angke merupakan hutan yang terletak di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara yang dikembangkan oleh komunitas masyarakat. Peranan masyarakat dalam pengelolaan hutan mangrove akan menjadi strategis karena masyarakat setempat yang berinteraksi langsung dengan kondisi lingkungan sekaligus dapat menjamin kelangsungan program mangrove jika melibatkan masyarakat sekitar.
(jon)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)