Umat Buddha Larut dalam Kegembiraan HUT ke-45 SMI di Vihara Lalitavistara Cilincing

Senin, 14 Agustus 2023 - 19:56 WIB
loading...
A A A
Selain itu, acara juga dilanjutkan dengan Upacara Pendiksaan dan pemberian sila dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2023 oleh tiga Acharya, oleh YM.

Bhiksu Kusalasasana Mahasthavira yang merupakan Ketua Umum Sangha Mahayana Indonesia, YM. Bhiksu Matra Maitri Mahasthvira,dan YM. Bhiksu Tadyathavira Mahasthavira yang keduanya merupakan Wakil Ketua Sangha Mahayana Indonesia.

Adapun puncak dari perayaan HUT SMI ke-45 adalah kegiatan Pindapatra pada 13 Agustus 2023 di Vihara Laliltavistara dan Area Sekolah Tinggi Agama Buddha Maha Prajna yang merupakan Sekolah Tinggi Agama Buddha dengan tradisi Mahayana pertama di Indonesia.

Pindapata merupakan tradisi keagamaan Buddha, dengan umat Buddha berkesempatan mempersembahkan kebutuhan pokok para anggota Sangha berupa, makanan, obata-obatan, jubah, dll.

Pindapatra juga menjadi salah satu cara latihan bagi umat Buddha untuk mengembangkan cinta kasih serta welas asih, selain itu juga mengajak para umat buddha untuk menanamkan kebajikan-kebajikan melalui persembahan kebutuhan pokok kepada anggota Sangha.

Berdirinya Vihara Lalitavistara dan STAB Maha Prajna Cilincing, Jakarta Utara yang menjadi tempat pelaksanaan pindaptra tak lepas dari peranan Bhiksu Andhanavira Mahastavira yang merupakan tokoh Sangha Mahayana yang telah menjabat 30 tahun lebih sebagai Sekretaris Jendral dan sekarang menjabat sebagai Dewan Sesepuh Sangha Mahayana Indonesia.

(hab)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)