Kolaborasi PKT dan Pandawara Group Bersihkan 10 Ton Sampah di Kali Krukut Depok

Selasa, 18 Juli 2023 - 20:36 WIB
loading...
Kolaborasi PKT dan Pandawara Group Bersihkan 10 Ton Sampah di Kali Krukut Depok
Pandawara Group dan karyawan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) membersihkan sampah di Kali Krukut, Depok, Selasa (18/7/2023). Foto: Ist
A A A
DEPOK - Perusahaan yang tergerak untuk ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan semakin banyak. Kali ini berkolaborasi dengan kelompok pemerhati lingkungan Pandawara Group , karyawan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) membersihkan sampah di Kali Krukut , Depok.

Kegiatan bertajuk Aksi Jaga Alam, Lingkungan Bersih, Sehat dan Berseri (Akal Lestari) ini, PKT dan Pandawara Group membersihkan 10 ton sampah termasuk plastik, kertas, dan limbah lainnya yang dapat merusak ekosistem.

Kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk PKT dalam melibatkan karyawannya di berbagai upaya Environment, Social, and Governance (ESG). Kolaborasi ini sebelumnya lahir dari tantangan Pandawara Group terhadap PKT sebagai Top Leader ESG industri pupuk dan petrokimia global.



PKT melalui salah satu program rutinnya yaitu Employee Voluntary Initiation (Evolution) kemudian berinisiatif melakukan bersih-bersih lingkungan untuk mewujudkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan.

"Bagi kami di PKT, ESG bukan sekadar merupakan kepatuhan belaka melainkan way of life kami. Tentunya hal ini tidak saja kami terapkan dalam lini produksi, tapi kesadaran kami sebagai bagian dari masyarakat terhadap kelestarian lingkungan," ujar Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, Selasa (18/7/2023).

Pihaknya tidak saja memprioritaskan seputar profit semata, namun juga turut mempertimbangkan keberlanjutan lingkungan. Selain melibatkan karyawan yang tinggal di kawasan Jabodetabek, PKT juga mengajak anak perusahaan Pupuk Indonesia lainnya untuk bersama-sama menunjukkan aksi nyata dalam menjaga lingkungan lebih lestari.
Kolaborasi PKT dan Pandawara Group Bersihkan 10 Ton Sampah di Kali Krukut Depok


PKT juga menyalurkan beberapa bantuan alat pembersih sampah kepada Kelurahan Krukut dan SDN 03 Krukut, seperti motor angkut sampah, peralatan kebersihan, hingga mesin pemotong rumput dan gergaji mesin.

Hal ini sebagai upaya memotivasi dan mendukung komunitas lokal Kali Krukut untuk terus bertindak lebih proaktif dalam menjaga kebersihan serta mencegah lebih banyak sampah masuk ke dalam ekosistem kali.

Gilang Rahma, anggota Pandawara Group mengapresiasi kontribusi karyawan PKT yang tinggal di Jabodetabek dalam kegiatan pembersihan Kali Krukut pada hari ini.

"Ke depannya kami berharap akan semakin banyak perusahaan yang tergerak untuk ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan yang tentunya juga didasari oleh kesadaran akan karyawannya sendiri terhadap kelestarian lingkungan," ujarnya.

Dia optimistis melalui kontribusi perusahaan di Indonesia, ke depannya pengelolaan sampah dapat terbantu sehingga melahirkan lingkungan yang bersih dan asri.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)