Renovasi JIS Prioritaskan Akses Masuk dan Tempat Parkir

Selasa, 04 Juli 2023 - 15:20 WIB
loading...
Renovasi JIS Prioritaskan Akses Masuk dan Tempat Parkir
PT Jakpro akan memprioritaskan renovasi akses pintu masuk dan tempat parkir Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) akan memprioritaskan renovasi akses pintu masuk dan tempat parkir Jakarta International Stadium (JIS) , Jakarta Utara. Stadion JIS akan dijadikan venue Piala Dunia U-17.

"Keluar langsung nyeberang rel ke RE Martadinata. Nanti ada jembatan penyeberangan yang langsung ke parkiran sisi timur Ancol dekat pintu gerbang Carnaval. Jadi orang-orang nggak perlu nyeberang ke jembatan ketel. Kami menyelesaikan seksi Timur dan Utara," ujar Direktur Utama PT Jakpro Iwan Takwin, Selasa (4/7/2023).

Hari ini Menteri BUMN yang juga Ketua PSSI Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menpora Dito Ariotedjo, serta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau kesiapan JIS untuk venue Piala Dunia U-17.



Nanti disiapkan stasiun kereta pemberhentian sementara untuk memudahkan penonton menuju JIS. "Pemain bisa turun langsung di sini. Kita sudah simulasikan. Memang perlu ada sosialisasi agar bisa mendukung pelaksanaan manajemen lalu lintas," katanya.

Menurut dia, JIS sudah memenuhi standar FIFA namun masih ada yang harus diperbaiki. Setiap perhelatan memang ada pemeriksaan ulang.

"FIFA setiap mau melaksanakan penyelenggaraan internasional dia akan melakukan asesmen dan memberi masukan. Kami sebagai pengelola venue harus melakukan," ujar Iwan.

Renovasi akan mengutamakan akses masuk baik VVIP, pemain dan official, serta penonton. "Untuk tahap awal renovasi kita akan melaksanakan perbaikan akses. Secepat mungkin targetnya tiga bulan. Kita upayakan akselerasi bisa kurang dari tiga bulan karena harus ada pengetesan simulasi," ujarnya.

Kantong parkiran penonton diharapkan membuat kawasan di sekitar lebih tertata dan membangkitkan ekonomi sekitar supaya tidak ada parkir liar.

"Transjakarta juga akan membantu shuttle. Jadi nanti di dalam stadion bisa parkir umum tapi nanti grade kita atur dari pola operasi penyelenggara. Misalnya yang bisa parkir kendaraan apa, official, VIP, pemain, kemudian penonton parkir di mana itu diatur. Ada hubungannya dengan traffic manajemen yang kita koordinasikan dengan Dishub," katanya.

Dia memahami pembangunan stadion JIS tidak sempurna dan berbagai tinjauan evaluasi terkait kesiapan menjadi venue Piala Dunia U-17 menjadi pembelajaran bagi pihaknya.

“Momen ini menjadi pengetahuan kami dalam mengelola traffic dan parkir. Kalau harian kita buka, weekend untuk kegiatan olahraga kan lapangan latihan aktif terus," ucapnya.

Terkait manajemen arus lalu lintas dan perparkiran di kawasan JIS akan menyesuaikan terkait penyelenggara acara. Dia menegaskan masyarakat umum atau publik tetap dapat memarkirkan kendaraan di dalam stadion JIS untuk akhir pekan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2257 seconds (0.1#10.140)