Stadion JIS Disiapkan Venue Piala Dunia U-17, Perbaikan Dikebut 3 Bulan

Selasa, 04 Juli 2023 - 14:59 WIB
loading...
Stadion JIS Disiapkan Venue Piala Dunia U-17, Perbaikan Dikebut 3 Bulan
Pemerintah lintas kementerian, Pemprov DKI, BUMN, dan BUMD akan mengebut perbaikan Jakarta International Stadium (JIS) dalam kurun waktu tiga bulan. Foto: MPI/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Pemerintah lintas kementerian, Pemprov DKI, BUMN, dan BUMD akan mengebut perbaikan Jakarta International Stadium (JIS) dalam kurun waktu tiga bulan. Hal itu dilakukan untuk memenuhi standar FIFA sebagai salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-17.



Hari ini Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang juga Menteri BUMN, didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menpora Dito Ariotedjo, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan jajaran masing-masing, meninjau Stadion JIS.

Stadion JIS Disiapkan Venue Piala Dunia U-17, Perbaikan Dikebut 3 Bulan


Nantinya hasil peninjauan tersebut akan menjadi bahan evaluasi dan perbaikan stadion. "Untuk dievaluasi, kira-kira kita akan coba untuk memenuhi standar FIFA dalam rangka persiapan Piala Dunia U-17 pada November 2023 ini," ujar Basuki.

Basuki menyebutkan ada beberapa hal yang perlu diperbaiki agar JIS dapat memenuhi standar FIFA. Di antaranya akses masuk bus pemain dan official, rumput stadion, dan berbagai hal teknis lainnya.



"Semua keroyokan, ada yang dikerjakan Pemprov DKI, PUPR, KAI, Jasa Marga, jadi semua keroyokan sehingga nanti Insya Allah jika diperiksa FIFA dapat memenuhi syarat untuk bisa dipakai. Sayang kalau stadion yang sudah seperti ini tidak memenuhi syarat. Untuk itu kita upayakan supaya JIS bisa masuk kriteria standar FIFA," pungkas Basuki.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan, yang berhak menentukan standar venue Piala Dunia U-17 adalah FIFA, bukan PSSI. Karena itu, ia minta terkait perbaikan venue tidak disangkutkan dengan hal politis.

"Standar itu yang menentukan FIFA bukan PSSI atau siapa pun yang di sini. Kita hanya memperbaiki, meningkatkan semua yang bisa sesuai dengan standar FIFA. Ini merupakan tugas dari bapak Presiden ketika kita memaparkan kepada FIFA blue print transformasi sepakbola termasuk renovasi 22 stadion yang akan dipergunakan timnas dan klub liga satu liga dua," kata Erick Thohir.

Sementara Heru Budi Hartono menyampaikan terima kasih atas upaya pemerintah pusat yang berkolaborasi dengan Pemprov DKI dalam memperbaiki JIS agar bisa memenuhi standar FIFA.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dari PUPR, BUMN, PT KAI, dan seterusnya, bahwa ini kita sempurnakan yang mana yang harus kita sempurnakan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, itu saja dari saya," kata Heru Budi singkat.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)